Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 5E Disertai Mind Mapping terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa

ARYANI S., ANNISAA (2017) Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 5E Disertai Mind Mapping terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (439Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Learning Cycle 5E disertai Mind Mapping terhadap keterampilan komunikasi lisan siswa. Penelitian merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Terdapat dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelas kontrol yaitu XI MIPA 4 sebanyak 39 siswa mengggunakan model konvensional yaitu diskusi dan pembuatan rangkuman. Kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 2 sebanyak 39 siswa menggunakan model Learning Cycle 5E disertai Mind Mapping. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes menggunakan soal untuk mengukur aspek kognitif siswa. Teknik non tes menggunakan lembar observasi untuk mengukur keterampilan komunikasi lisan yang terdiri dari 8 aspek dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji Anacova dengan bantuan SPSS 22 dan taraf tingkat signifikasi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai keterampilan komunikasi lisan siswa pada aspek: menjawab pertanyaan (83.65/74.19), mengemukakan pendapat (82.21/71.15), merespon pendapat teman (81.41/75.96), bertanya (83.33/70.67), mengorganisasi materi (77.72/70.51), menggunakan struktur kalimat yang baik (77.56/73.23), menggunakan bahasa nonverbal (83.97/74.35), dan menggunakan suara, intonasi, dan artikulasi yang benar (84,61/84,61). Model pembelajaran memiliki nilai F hitung 80,61 dengan nilai signifikansi 0,000 serta F hitung pada tingkat signifikansi 0,05 dengan df 1 = 2 dan df 2 = 76 adalah 3,12. F hitung (80,16) > F tabel (3,12) dan nilai signifikansi (0,000) < dari 0,05, maka H0 ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan rata-rata nilai keterampilan komunikasi lisan siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model Learning Cycle 5E disertai Mind Mapping terhadap keterampilan komunikasi lisan siswa. Kata kunci: learning cycle 5E, mind mapping, keterampilan komunikasi lisan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Luthfi Syam
    Date Deposited: 06 Apr 2017 13:34
    Last Modified: 06 Apr 2017 13:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33303

    Actions (login required)

    View Item