PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH PERISTIWA FRONT LANGKAN UNTUK MENINGKATKAN JIWA NASIONALISME DI SMA NEGERI PULAU RIMAU BANYUASIN PALEMBANG

SATRIA, NUSIANDI EMBO (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH PERISTIWA FRONT LANGKAN UNTUK MENINGKATKAN JIWA NASIONALISME DI SMA NEGERI PULAU RIMAU BANYUASIN PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1309Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nusiandi Embo Satria. S861502022, 2016. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Peristiwa Front Langkan Untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa di SMA Negeri Pulau Rimau. Pembimbing: Dr. Djono, M.Pd. Kopembimbing: Dr. Leo Agung. S, M.Pd. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pembelajaran sejarah di SMA Negeri Kecamatan Pulau Rimau; (2) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar sejarah Peristiwa Front Langkan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme; (3) mendeskripsikan efektifitas bahan ajar sejarah berbasis Peristiwa Front Langkan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan metode dari Borg and Gall, yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan yaitu mencakup: (1) tahap studi pendahuluan, yakni studi pustaka, studi lapangan, dan temuan kebutuhan bahan ajar; (2) tahap pengembangan meliputi desain prototype, validasi ahli, uji coba satu-satu, dan uji coba luas; (3) tahap uji efektifitas meliputi menguji keefektifan dan kelayakan bahan ajar sejarah Peristiwa Front langkan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan bahan ajar berdasarkan skor kriteria, dan analisis sikap jiwa nasionalisme melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran sejarah di SMA Negeri Pulau Rimau masih terfokus pada satu sumber yakni buku teks tanpa adanya tambahan atau sumber lain sebagai penunjang, kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum KTSP, guru belum mempunyai cukup pengetahuan tentang pengembangan bahan ajar, sehingga perlu dilakukan pengembangan bahan ajar yang mampu memenuhi kebutuhan guru dan siswa; (2) bahan ajar dikembangkan dengan mengikuti prosedur pengembangan yang disesuaikan dengan Silabus, validasi tiga pakar yang memberikan nilai skor rata-rata 4 dengan kategori “baik”, revisi terkait tulisan dan tata bahasa; uji coba terbatas dilakukan kepada 15 siswa dan uji coba luas dilakukan pada 2 kelas berbeda, hasil uji coba luas menunjukkan adanya perbedaan rerata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana kelas eksperimen lebih meningkat baik dari segi prestasi ataupun jiwa nasioanlisme; (3) implementasi bahan ajar sejarah berbasis Peristiwa Front Langkan untuk meningkatkan jiwa nasioanlisme terbukti efektif, dilihat dari perolehan nilai post-test pada kelas eksperimen dan kontrol untuk aspek prestasi dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,025 dan aspek jiwa nasioanlisme sebesar 0,000 < 0,025, yang menunjukkan bahwa Ho ditolak yang artinya ada perbedaan positif dan signifikan. Kata Kunci: Bahan Ajar, Sejarah Lokal, Peristiwa Front Langkan, Jiwa Nasionalisme.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 06 Apr 2017 10:58
    Last Modified: 06 Apr 2017 10:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33294

    Actions (login required)

    View Item