Strategi Pengembangan UKM Torakur (Tomat Rasa Kurma) di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang

GIESTA, NUR SHABRINA (2017) Strategi Pengembangan UKM Torakur (Tomat Rasa Kurma) di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (249Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, merumuskan alternatif strategi serta menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan UKM Torakur di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian di UKM Torakur Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah 1) Matriks IFE dan Matriks EFE, 2) Matriks IE, 3) Matriks SWOT, 4) Matriks QSP. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekuatan utama pengembangan UKM Torakur adalah keuletan pemilik dalam menjalankan usaha dan memiliki kualitas produk yang baik, sedangkan kelemahan utama adalah pemasaran didominasi wilayah lokal. Peluang utama dalam pengembangan UKM Torakur adalah adanya dukungan dari pemerintah, sementara ancaman utama yang dihadapi adalah fluktuasi harga bahan baku. Alternatif strategi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah 1) mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk memperluas pemasaran melalui sosial media, website, situs jual beli online; 2) memaksimalkan penjualan di jalur lalu lintas utama, objek wisata, penginapan/ villa, restoran dan tempat strategis lainnya; 3) mempertahankan hubungan kerja sama yang baik dengan pemasok dan perantara pemasar untuk kontinyuitas produksi dan pemasaran; 4) merekrut tenaga kerja pemasaran untuk membantu penetrasi dan pengembangan pasar; 5) meningkatkan kapasitas produksi di akhir musim kemarau untuk memenuhi permintaan pasar; 6) mempertahankan mutu produk untuk menjaga kepuasan dan loyalitas konsumen; 7) menjalin kemitraan dengan petani tomat lokal; 8) peningkatan promosi penjualan (pemberian potongan harga dan tester) dan periklanan di tempat-tempat strategis; 9) melakukan perbaikan dalam pengelolaan dan pengalokasian keuangan; dan 10) membangun jaringan distribusi dalam menjangkau segmentasi pasar yang lebih luas. Prioritas yang dapat diterapkan oleh UKM Torakur yaitu strategi merekrut tenaga kerja pemasaran untuk membantu penetrasi dan pengembangan pasar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 06 Apr 2017 10:48
    Last Modified: 06 Apr 2017 10:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33292

    Actions (login required)

    View Item