Efektifitas Pupuk Daun Berbahan Dasar Kitosan Berberat Molekul Rendah (Fitosan) pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.)

ROCHMATUN, SITI (2017) Efektifitas Pupuk Daun Berbahan Dasar Kitosan Berberat Molekul Rendah (Fitosan) pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (304Kb)

    Abstract

    EFEKTIVITAS PUPUK DAUN BERBAHAN DASAR KITOSAN BERBERAT MOLEKUL RENDAH (FITOSAN) PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) SITI ROCHMATUN Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, Surakarta ABSTRAK Cabai merah (Capsicum annum L.) merupakan produk hortikultura yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi pupuk fitosan serta mengetahui konsentrasi yang optimum pada pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 8 perlakuan dan 3 kali pengulangan sehingga terdapat 24 perlakuan. Pupuk yang digunakan adalah Fitosan dengan konsentrasi (0cc/liter, 5cc/liter, 10cc/liter, 20cc/liter, 30cc/liter, 50cc/liter, 60cc/liter, 70cc/liter). Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan. Pengamatan pertumbuhan tanaman berdasarkan tinggi tanaman, diameter batang, percabangan primer, percabangan sekunder, munculnya bunga pertama, serta berat buah (gram). Hasil pengamatan berupa pertumbuhan dan berat buah dianalisis dengan analisis sidik ragam (ANOVA). Jika perlakuan menunjukkan beda nyata, maka dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncans Multiple Ranges Test) dengan taraf uji 5% untuk mengetahui letak perbedaan pengaruh antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pupuk Fitosan mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah pada parameter pengamatan tinggi tanaman, percabangan primer, percabangan sekunder, munculnya bunga pertama dan berat buah, namun tidak berbeda nyata pada parameter diameter batang. Konsentrasi optimum pupuk berbahan dasar kitosan yaitu 5cc/l. Kata kunci: Cabai Merah, Capsicum annum L., Fitosan, Kitosan, Pupuk Daun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Apr 2017 19:40
    Last Modified: 05 Apr 2017 19:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33287

    Actions (login required)

    View Item