PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF BERHURUF JAWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS VII D SMPN 8 SURAKARTA

H, RAHMALIA TITIS (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF BERHURUF JAWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS VII D SMPN 8 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (783Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rahmalia Titis Haryani. K4212056. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF BERHURUF JAWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS VII D SMPN 8 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kualitas proses keterampilan menulis paragraf berhuruf Jawa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write dan penggunaan media kartu pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Surakarta; (2) mengetahui peningkatan hasil keterampilan menulis paragraf berhuruf Jawa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write dan penggunaan media kartu pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Surakarta yang terdiri dari 31 siswa. Data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa, dan data kualitatif berua uraian data hasil penelitian. Sumber data diperoleh dari proses pembelajaran bahasa Jawa, siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Surakarta, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan kajian dokumen. Teknik validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data berupa deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write dan penggunaan media kartu dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis paragraf berhuruf Jawa dari setiap siklus yaitu siswa yang sebelumnya belum bisa memahami materi menulis paragraf berhuruf Jawa dengan benar menjadi paham dan dapat menulis dengan benar sesuai kaidah penulisan aksara Jawa. Hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write dan menggunakan media kartu pada pembelajaran menulis paragraf berhuruf Jawa mendapatkan nilai yang rendah, sedangkan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write dan menggunakan media kartu jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Terbukti dengan meningkatnya hasil pembelajaran yang telah dilakukan dari pra-siklus ke siklus I yaitu dari 32,26% dengan jumlah siswa tuntas 10 orang, mengalami peningkatan sebesar 22,58% menjadi 54,84% dengan jumlah siswa tuntas 17 orang. Pada siklus I ke siklus II, yaitu dari 54,84% dengan jumlah siswa tuntas 17 orang mengalami peningkatan sebesar 25,8% menjadi 80,64% dengan jumlah 25 siswa yang tuntas. Kata kunci: keterampilan menulis, paragraf, aksara Jawa, model pembelajaran kooperatif, think-talk-write, media, kartu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PA Classical philology
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Apr 2017 19:36
    Last Modified: 05 Apr 2017 19:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33286

    Actions (login required)

    View Item