Profil Respons Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Lingkaran Ditinjau dari Adversity Quotient (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016)

WARDANI, NOVITA KOES (2017) Profil Respons Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Lingkaran Ditinjau dari Adversity Quotient (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (603Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Novita Koes Wardani. K1311061. PROFIL RESPONS SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK LINGKARAN DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Februari 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil respons siswa quitters, campers, dan climbers dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok lingkaran berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan snowball sampling. Dalam penelitian ini, subjek berdasarkan kategori AQ disertai pertimbangan hasil UH materi pokok lingkaran dan UTS genap tahun ajaran 2015/2016, dimana dipilih satu subjek dari quitters, campers, dan climbers, kemudian dilakukan secara berulang sampai data yang diperoleh jenuh. Berdasarkan proses tersebut, dari siswa kelas VIII D dan VIII E SMP Negeri 2 Mojolaban terpilih 2 quitters, 2 campers, dan 2 climbers. Sumber data berasal dari wawancara dengan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket AQ dan wawancara berbasis tugas sampai diperoleh data valid. Teknik keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. (1) Profil respons berdasarkan taksonomi SOLO subjek quitters adalah prestructural. Karakteristik subjek pada level prestructural antara lain: (a) subjek dapat menggunakan informasi yang diberikan, tatapi kesimpulan yang diperoleh tidak tepat, (b) subjek mempunyai ide untuk menyelesaikan masalah, tetapi proses yang digunakan tidak membentuk kesatuan konsep, (c) subjek asal menjawab soal tanpa mempertimbangkan konsep yang ada, sehingga penyelesaian yang diberikan tidak saling berhubungan. (2) Profil respons berdasarkan taksonomi SOLO subjek campers adalah multistructural. Karakteristik subjek campers pada level multistructural antara lain: (a) subjek dapat mencari informasi tambahan yang tidak diberikan pada soal, (b) subjek dapat membuat beberapa hubungan dari beberapa informasi yang didapat sebelumnya, tetapi kesimpulan yang diperoleh tidak tepat, (c) subjek tidak dapat menghubungkan beberapa informasi tambahan yang didapat. (3) Profil respons berdasarkan taksonomi SOLO subjek climbers adalah extended abstract. Karakteristik subjek climbers pada level extended abstract antara lain: (a) subjek dapat menentukan cara yang lebih efektif ketika diberikan permasalahan yang berbeda, yaitu menggunakan cara substitusi, (b) subjek dapat berpikir secara konseptual dan dapat menjelaskan keterkaitannya dalam konteks yang lebih umum. Kata Kunci: Respons, Taksonomi SOLO, Adversity Quotient (AQ)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Apr 2017 19:32
    Last Modified: 05 Apr 2017 19:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33285

    Actions (login required)

    View Item