Kualitas Pelayanan Kereta Api Logawa Kelas Ekonomi-AC PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP V Purwokerto

AMPERANI, MARSELA (2017) Kualitas Pelayanan Kereta Api Logawa Kelas Ekonomi-AC PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP V Purwokerto. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1007Kb)

    Abstract

    PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan strategi untuk meningkatkan layanan penumpang yang salah satunya dengan memfokuskan pada peningkatan kualitas pelayanan guna memenuhi kepuasan penumpang kereta api. Kualitas pelayanan Kereta Api Logawa Kelas Ekonomi-AC dapat dikatakan sebagai ukuran kebaikan suatu produk jasa yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan didalam Kereta Api kelas Ekonomi-AC untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan penumpangnya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa baik kualitas pelayanan Kereta Api Logawa yang merupakan kereta api kelas Ekonomi-AC kepada para penumpangnya. Penelitian ini menggunakan enam sub variabel yang berdasarkan pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor PM. 48 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Standar pelayanan minimum kereta api dalam perjalanan meliputi: Keselamatan, Keamanan, Kehandalan/ Keteraturan, Kenyamanan, Kemudahan dan Kesetaraan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Lokasi penelitian adalah Kereta Api Logawa Kelas Ekonomi-AC. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Populasi adalah penumpang yang merupakan pelanggan Kereta Api Logawa Kelas Ekonomi-AC, dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Untuk melakukan analisis data digunakan Software SPSS versi 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Kereta Api Logawa Kelas Ekonomi-AC adalah baik, dengan penilaian terhadap masing-masing sub variabel adalah sebagai berikut: keselamatan cenderung pada kategori baik, keamanan cenderung pada kategori baik, hehandalan/ keteratutan berada pada kategori baik, kenyamanan cenderung pada kategori baik, kemudahan berada pada kategori baik dan kesetaraan berada dalam kategori tidak baik. Kata kunci: Kereta api kelas ekonomi, Kualitas pelayanan, Statistik deskriptif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Apr 2017 19:18
    Last Modified: 05 Apr 2017 19:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33283

    Actions (login required)

    View Item