MOTIVASI DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL (Studi Korelasi antara Motivasi Penggunaan dan Kepuasan Menggunakan Jejaring Sosial Linkedin oleh Para Fresh Graduate Strata 1 UNS Periode Wisuda Maret dan Juni 2016)

E, DELLA INGGADEWI (2017) MOTIVASI DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL (Studi Korelasi antara Motivasi Penggunaan dan Kepuasan Menggunakan Jejaring Sosial Linkedin oleh Para Fresh Graduate Strata 1 UNS Periode Wisuda Maret dan Juni 2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (454Kb)

    Abstract

    DELLA INGGADEWI ERMADI, D0212030. HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN JEJARING SOSILA LINKEDIN (Studi Korelasi antara Motivasi dan Kepuasan Menggunakan Jejaring Sosial Linkedin oleh Para Fresh Graduate Strata 1 UNS Periode Wisuda Maret dan Juni 2016). Skripsi (S-1). Program Studi Ilmu Komunikasi. FISIP. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2016 Jejaring sosial Linkedin merupakan jejaring sosial yang berguna untuk media mencari informasi tentang karir, lowongan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori uses and gratification Katz, Blumler, dan Gurevitch. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara motivasi dan kepuasan menggunakan jejaring sosial Linkedin, hubungan antara motivasi (motivasi kognitif) menggunakan Linkedin dengan kepuasan (efek kognitif) menggunakan Linkedin sebagai media informasi mengenai lowongan pekerjaan, serta hubungan antara motivasi (motivasi afektif) menggunakan Linkedin dengan kepuasan (efek afektif) menggunakan Linkedin sebagai media untuk menonjolkan identitas personal oleh para fresh graduate S1 UNS periode wisuda Maret dan Juni 2016. Tipe penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah para fresh graduate UNS S1 periode wisuda Maret dan Juni 2016 yang merupakan pengguna Linkedin sebanyak 358 orang. besar sampel yang akan diteliti adalah 78 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah pemilihan sampel distratifikasi. Pengumpulan data memalui kuesioner, dan analisis data menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Uji signifikansi menggunakan uji t dengan membandingkan harga thitung dengan harga ttabel dengan dk=76 taraf signifikansi 5%, diperoleh harga ttabel = 1,991. Terdapat beberapa kesimpulan dalam penelitian ini. Pertama, adanya hubungan yang signifikan antara motivasi menggunakan Linkedin dengan kepuasan menggunakan Linkedin dengan angka sebesar 8,617. Kedua, terdapat hubungan yang signikan antara motivasi (motivasi kognitif) menggunakan Linkedin dengan kepuasan (efek kognitif) menggunakan Linkedin sebagai media informasi lowongan pekerjaan dengan angka sebesar 8,030. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi (motivasi afektif) menggunakan Linkedin dengan kepuasan (efek afektif) menggunakan Linkedin sebagai media untuk menonjolkan identitas personal dengan angka sebesar 8,303. Kata kunci: Studi korelasi, uses and gratification, motivasi menggunakan Linkedin, kepuasan menggunakan Linkedin

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 05 Apr 2017 19:04
    Last Modified: 05 Apr 2017 19:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33278

    Actions (login required)

    View Item