MEDIA FOTOGRAFI SEBAGAI SARANA PROMOSI BUSANA JEPANG KIMONO DI STUDIO MAMMOTH PHOTOGRAPHY

Setyawan, Wimbo Agung (2010) MEDIA FOTOGRAFI SEBAGAI SARANA PROMOSI BUSANA JEPANG KIMONO DI STUDIO MAMMOTH PHOTOGRAPHY. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1437Kb)

    Abstract

    Perkembangan dunia fotografi kian pesat, dan menjadi suatu kebutuhan yang penting bagi kehidupan manusia. Namun kemajuan fotografi tidak muncul secara begitu saja. Mulai dari jaman pra sejarah manusia mengabadikan obyek-obyek yang menarik yang direkamnya dalam bentuk lukisan pada dinding goa. Lukisan tersebut belum mampu digambarkan dengan baik, hanya berupa simbol-simbol. Definisi kata fotografi berasal dari kata photos dan graphos yang berarti cahaya dan melukis. Dapat di tarik kesimpulan bahwa fotografi berarti melukis medapatkan gambar dengan memanfaatkan cahaya. Dalam kebekuan foto terdapat banyak kemungkinan, foto dapat berbicara mengenai realitas, presentasi, maupun simulasi. Sebagai representasi atas realitas, kehadiran foto diakui adanya kenyataan yang absolut dan pasti. Sedangkan foto dalam pengertian simulasi sangat erat kaitannya antara subjek yang memotret atau fotografer dengan subjek yang memandang foto. Ketika seseorang tidak terlibat dalam aktivitas fotografi, maka akan ada jarak yang membuat orang tersebut tidak begitu tahu tentang apa yag diperbuat oleh fotografer dalam mengeksekusi gambar, terkait dengan aktivitas mengatur objek, lighting, dan sebagainya sehingga apa yang tersaji dalam selembar foto dapat merupakan sebuah ruang simulasi. 1 2 Misalnya subjek yang memandang foto tidak pernah tahu apakah yang tersaji dalam selembar foto seorang gadis yang sedang tersenyum itu benar-benar mewakili ekspresi kegembiraan gadis tersebut atau hanya akting. Dalam penegasan judul ini maka dipakai pengertian bahwa fotografi adalah suatu aktivitas yang menampilkan gambar imaji dalam kebekuan atau still image. (www.sejarah-foto.com) Fotografi dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi visual melalui media periklanan, oleh sebab itu penulis ingin mencoba mengangkat konsep commercial Fotografi Sebagai Media Iklan Dalam Busana Jepang Kimono Mammoth photography sebagai keperluan pengerjaan tugas akhir. Busana Jepang Kimono kini mulai berkembang dan merupakan mode bagi masyarakat di Indonesia maupun Negara tetangga lainnya, busana Jepang juga mempunyai tatanan dan tuntunan sendiri, dengan menjaga keharmonisan setiap detailnya,akan terwujud keselarasan jiwa budaya. Untuk bisa menampilkan sisi artistik Busana Jepang Kimono, biasanya kegiatan promosi dilakukan melalui peragaan busana dan pameran fotografi, dan fotografi dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dalam hal ini pameran. Penulis mendapatkan ide untuk mengambil tema Kimono karena penulis mempunyai pandangan tentang Busana Kimono itu terdapat keunikan. Busana Jepang Kimono mempunyai nilai-nilai seni budaya yang tinggi, untuk itu penulis bertujuan lebih mengenalkan Busana Jepang Kimono dengan media fotografi kepada masyarakat dan bisa lebih dalam mengenal tentang keindahan 3 dan keunikanya, karena masyarakat Indonesia perlu mengenal keanekaragaman budaya Negara lain dan khususnya Busana Jepang Kimono.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 13 Jul 2013 20:45
    Last Modified: 13 Jul 2013 20:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3327

    Actions (login required)

    View Item