ETIKA KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Implementasi Etika Komunikasi Dalam Pelayanan Publik di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sukoharjo

PRASETYO, HERI (2017) ETIKA KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Implementasi Etika Komunikasi Dalam Pelayanan Publik di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sukoharjo. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi etika komunikasi dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sampel/informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang dan terdapat satu informan kunci yaitu kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sukoharjo. Untuk teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan dalam etika komunikasi terdapat empat indikator yaitu (a) Menjelaskan dengan tepat terkait dengan kriteria dan standard etika yang diterapkan terkait dengan peraturan atau tata cara kerja yang harus diterapkan dalam memberikan pelayanan publik kepada konsumen (masyarakat) dan tentunya tidak melakukan tindakan negatif seperti penyogokkan dari konsumen ke customer service, (b) Memberikan tanggung jawab etis, seperti melayani konsumen dengan maksimal dan tidak menerima sogokkan, (c) Keetisan komunikasi dibenarkan sebagai refleksi yang melekat pada pribadi komunikator. Keetisan komunikasi itu didapatkan oleh pegawai baik dari pengalaman dari saat mengenyam pendidikan ataupun mengikuti berbagai seminar-seminar yang diselenggarakan oleh kantor dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten, misalnya materi terkait dengan pengembangan keterampilan, pengembangan sikap dan kepribadian dan (d) Keterbukaan dalam membenarkan etika komunikasi, seperti pada bagian lini depan dan pimpinan, tidak hanya dilakukan dalam suasana yang formal dengan penyampaian pesan-pesan yang terlalu sistematis dan cenderung kaku, namun etika komunikasi diterapkan juga dalam suasana non-formal atau lebih santai, adanya candaan dan basa-basi namun tetap menunjukkan sikap yang sopan dan santun. Proses komunikasi secara eksternal yaitu ditandai dengan adanya komunikasi yang terjadi antara pegawai di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sukoharjo dalam memberikan pelayanan publik seperti pegawai yang memberikan sapaan kepada tamu (masyarakat), mempersilahkan duduk, tersenyum, mengucapkan salam saat bertemu dengan tamu dan menanyakan maksud serta tujuan. Kata Kunci: Etika Komunikasi, Organisasi, Pelayanan Publik

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 05 Apr 2017 14:46
    Last Modified: 05 Apr 2017 14:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33262

    Actions (login required)

    View Item