PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI MIA 1 PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 TERAS.

, ARISTIAWAN (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI MIA 1 PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 TERAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (230Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aristiawan. K2311007. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI MIA 1 PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 TERAS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2016. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah pembelajaran. Berdasarkan data awal pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2015/2016 menunjukkan permasalahan bahwa siswa memiliki motivasi belajar yang rendah, serta kemampuan kognitif pada pembelajaran fisika yang tergolong rendah pula. Oleh karena itu diperlukan suatu penelitian untuk memecahkan permasalahan tersebut, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Fisika kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2015/ 2016 khususnya pada materi pokok usaha dan energi, 2) meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Fisika kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2015/ 2016, khususnya pada materi pokok usaha dan energy melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas beberapa tahapan yang meliputi: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2015 / 2016 yang berjumlah 33 siswa. Sumber data pada penelitian ini berasal dari dokumen, informan dan observasi terhadap pembelajaran. Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara dan kuesioner, observasi serta teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada materi usaha dan energy kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2015/ 2016 dapat meningkatkan aspek motivasi belajar dari pembelajaran pra siklus sebesar kurang dari 65% meningkat menjadi 65,43% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 74,59% pada siklus II. (2) penggunaan model pembelajaran berbasis masalah pada materi usaha dan energy kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2015/ 2016 dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 69,85 pada siklus I menjadi 79,55 pada siklus II, serta jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 36,36% menjadi 75,76%. KKM untuk kemampuan kognitif sebesar 75 dan target siswa yang tuntas sebanyak 70,0%. Kata kunci: problem based learning, usaha dan energi, motivasi, kognitif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 05 Apr 2017 14:22
    Last Modified: 05 Apr 2017 14:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33254

    Actions (login required)

    View Item