PENYELESAIAN ANALITIK PERSAMAAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK MODE TRANSVERSE ELECTRIC PADA ANTARMUKA GRADASI DARI RIGHT-HANDED MEDIUM MENUJU LEFT-HANDED MEDIUM

NUR PRATIWI, BETA (2017) PENYELESAIAN ANALITIK PERSAMAAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK MODE TRANSVERSE ELECTRIC PADA ANTARMUKA GRADASI DARI RIGHT-HANDED MEDIUM MENUJU LEFT-HANDED MEDIUM. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (968Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan persamaan gelombang elektromagnetik mode transverse electric pada antarmuka gradasi dari right-handed medium menuju left-handed medium (RH-LH). Profil gradasi indeks diasosiasikan dengan persamaan permitivitas medium dan atau permeabilitas medium yang membentuk kurva gradasi dengan nilai permitivitas dan permeabilitas positif-negatif. Sifat gradasi RH-LH bergantung secara spasial terhadap besarnya ketebalan material y. Persamaan gelombang elektromagnetik dibentuk dari persamaan Maxwell untuk media tanpa rapat muatan bebas. Selanjutnya persamaan Maxwell ditransformasi ke dalam persamaan diferensial biasa orde dua homogen. Persamaan diferensial biasa orde dua homogen dengan variasi profil permitivitas dan permeabilitas diselesaikan secara analitik menggunakan asymptotic iteration method (AIM). Penyelesaian secara analitik dilakukan untuk memperoleh persamaan vektor gelombang dan juga persamaan medan, untuk selanjutnya divisualisasikan menggunakan software Matlab R2013a. Persamaan vektor gelombang yang diperoleh bergantung pada bilangan rekursif j, begitu pula untuk persamaan medan. Persamaan medan dinyatakan dalam polinomial Hermite dan persamaan fungsi hipergeometri. Dari visualisasi yang diperoleh, dapat dianalisis bagaimana distribusi medan pada antarmuka antara RH-LH. Penelitian ini hanya membatasi pada mode transverse electric, maka yang dianalisa disini adalah medan listrik. Hasil yang diperoleh dari variasi profil gradasi terlihat bahwa distribusi medan listrik antara RH dan LH tampak berbeda, dimana distribusi medan tampak homogen akibat variasi z dan tak homogen pada variasi y. Pada beberapa model gradasi, juga nampak terjadi penguatan intensitas medan pada area LH.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Fisika
    Depositing User: Aris Setiyoko
    Date Deposited: 05 Apr 2017 10:49
    Last Modified: 05 Apr 2017 10:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33241

    Actions (login required)

    View Item