Tinjauan Kekuatan Pembuktian Pemeriksaan Setempat (Descente) Dalam Perkara Perdata (Studi Putusan Nomor 16/Pdt.G/2015/PN.Krg)

Septi Lukmawati, Atika (2017) Tinjauan Kekuatan Pembuktian Pemeriksaan Setempat (Descente) Dalam Perkara Perdata (Studi Putusan Nomor 16/Pdt.G/2015/PN.Krg). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1012Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik data yang digunakan adalah dengan melakukan penelitian secara langsung pada obyek yang diteliti yaitu dengan melakukan wawancara, dan menggunakan teknik kepustakaan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan studi pustaka yang terkait baik dari media cetak maupun media internet. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan dengaan cara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa tidak semua perkara perdata dapat menerapkan pemeriksaan setempat dalam pembuktiannya, perkara-perkara perdata yang dapat menerapkan pemeriksaan setempat sebagai alat bukti yaitu perkara yang hanya berhubungan dengan sengketa benda tetap misalnya sawah, tanah, pekarangan, dan sebagainya sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung No. 7 Tahun 2001 tentang Pemeriksaan Setempat. Pembuktian pemeriksaan setempat sebagai alat bukti dalam persidangan perkara perdata pada putusan nomor 16/Pdt.G/2015/PN.Krg pada kenyataannya mampu mengesampingkan alat bukti berupa Akta Jual Beli Nomor 1113. Hakim menilai pembuktian dari hasil pemeriksaan setempat disamakan dengan fakta yang ditemukan dalam persidangan, dengan demikian maka kedudukannya dapat menjadi persangkaan hakimsehingga memiliki kekuatan pembuktian bebas yang artinya bergantung pada penilaian Hakim yang bersangkutan. Kata kunci : pemeriksaan setempat, pembuktian, sengketa tanah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Aris Setiyoko
    Date Deposited: 05 Apr 2017 10:40
    Last Modified: 05 Apr 2017 10:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33240

    Actions (login required)

    View Item