PENGARUH LATIHAN BERBEBAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TENDANGAN SABIT PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN 2016

Setiawan, Wahyu (2017) PENGARUH LATIHAN BERBEBAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TENDANGAN SABIT PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (931Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh latihan berbeban (kelompok eksperimen) dan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit. (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara latihan berbeban (kelompok eksperimen) dan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini seluruh siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Negeri 2 Purbalingga tahun 2016 yang berjumlah 20 siswa merupakan subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes (Kecepatan Tendangan Sabit). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh latihan berbeban (kelompok eksperimen) dan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit pada siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Negeri 2 Purbalingga Tahun 2016 dengan thitung yang diperoleh = 7.965, > ttabel = 2.262. (2) Latihan berbeban (kelompok eksperimen) lebih baik pengaruhnya dari pada latihan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit pada siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Negeri 2 Purbalingga Tahun 2016 dengan persentase peningkatan kelompok eksperimen (latihan berbeban) sebesar 8,354% lebih besar dari pada kelompok kontrol (latihan non berbeban) sebesar 4,315%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh latihan berbeban (kelompok eksperimen) dan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit pada siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Negeri 2 Purbalingga Tahun 2016 dengan thitung yang diperoleh = 7.965, > ttabel = 2.262. (2) Latihan berbeban (kelompok eksperimen) lebih baik pengaruhnya dari pada latihan non berbeban (kelompok kontrol) terhadap peningkatan kemampuan tendangan sabit pada siswa putra ekstrakurikuler pencak silat SMA Negeri 2 Purbalingga Tahun 2016 dengan persentase peningkatan kelompok eksperimen (latihan berbeban) sebesar 8,354% lebih besar dari pada kelompok kontrol (latihan non berbeban) sebesar 4,315%. Kata kunci: Kemampuan tendangan sabit, Latihan teknik, Latihan berbeban.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 05 Apr 2017 08:57
    Last Modified: 05 Apr 2017 08:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33230

    Actions (login required)

    View Item