KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DITINJAU DARI HASIL UJI KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA SURAKARTA

PRIYANTI, ULFA (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DITINJAU DARI HASIL UJI KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (187Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ulfa Priyanti, NIM K6412071. KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DITINJAU DARI HASIL UJI KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kompetensi profesional guru ditinjau dari hasil uji kompetensi guru sekolah menengah atas negeri kota Surakarta. (2) untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sekolah menengah atas negeri kota Surakarta. (3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Subjek peneltian Pengawas, Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang sudah mengikuti UKG, dan siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputuisan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) semua guru telah lulus uji kompetensi guru dan telah menguasai materi, strukstur, konsep dan pola piker keilmuan yang mendukung. (2) hambatan yang dihadapi oleh guru antara lain : (a) kurangnya motivasi siswa, (b) kurangnya penguasaan materi guru dan (c) kurangnya sarana prasarana sekolah. (3) adapun upaya untuk mengatasi hambatan ini adalah : (a) dengan mengoptimalkan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran secara bervariasi serta memberikan penguatan atau apresiasi kepada siswa yang bertanya maupun yang telah menjawab pertanyaan, (b) dengan belajar kembali, salah satu guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Negeri kota Surakarta bahkan melanjutkan pendidikan S-2 untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya.(c) mengupayakan ketersediaan sarana prasarana kepada pihak sekolah. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Uji Kompetensi Guru

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 05 Apr 2017 08:52
    Last Modified: 05 Apr 2017 08:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33228

    Actions (login required)

    View Item