FAKTOR BIOMOTOR DAN PSIKOMOTOR PENENTU KEMAMPUAN GROUNDSTROKE FOREHAND TENIS LAPANGAN (Analisis Faktor Dominan Penentu Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan Pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Tenis Lapangan FKIP UNS)

PUTRA, ROY TRY (2017) FAKTOR BIOMOTOR DAN PSIKOMOTOR PENENTU KEMAMPUAN GROUNDSTROKE FOREHAND TENIS LAPANGAN (Analisis Faktor Dominan Penentu Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan Pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Tenis Lapangan FKIP UNS). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (963Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Roy Try Putra. A121508051. Faktor Biomotor dan Psikomotor Penentu Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Kiyatno, dr.,PFK.,M.Or, AIFO. II : Prof.Dr. Siswandari, M.Stats. Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui faktor biomotor dan psikomotor yang menentukan kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rancangan analisis faktor konfirmatori. Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dianalisa menggunakan Program Statistik Komputerisasi dengan sistem SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 23 dan menggunakan uji Kaiser-Meyer-Olkin and Bartlett’s Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pembinaan prestasi tenis lapangan FKIP UNS Surakarta yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: faktor biomotor dan psikomotor yang menentukan kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan atau yang memiliki nilai komponen faktor ≥ │0,5│adalah: kekuatan genggaman dengan nilai komponen faktor sebesar (0,84), fleksibilitas dengan nilai komponen faktor sebesar (0,34), power otot tungkai dengan nilai komponen faktor sebesar (0,82), kecepatan dengan nilai komponen faktor sebesar (0,91), daya tahan kardiovaskular dengan nilai komponen faktor sebesar (0,79), kordinasi mata tangan dengan nilai komponen faktor sebesar (0,50), kelincahan dengan nilai komponen faktor sebesar (0,79), Faktor biomotor dan psikomotor yang kurang dominan penentu kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan adalah keseimbangan (0,37). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: faktor biomotor dan psikomotor yang menentukan kemampuan groundstroke forehand yang paling dominan variabel biomotor adalah kecepatan dengan nilai (0,91) dan variabel psikomotor adalah kelincahan dengan nilai (0,79). Kata Kunci : Biomotor, Psikomotor, Kemampuan Groundstroke Forehand Tenis Lapangan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 05 Apr 2017 08:35
    Last Modified: 05 Apr 2017 08:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33222

    Actions (login required)

    View Item