Peningkatan Kemampuan Penerapan Konsep Energi Melalui Metode Eksperimen Dengan Model Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV SDN I Tempursari Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

IMAM F, ROFIQ (2017) Peningkatan Kemampuan Penerapan Konsep Energi Melalui Metode Eksperimen Dengan Model Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV SDN I Tempursari Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (894Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rofiq Imam Firmansyah. PENINGKATAN KEMAMPUAN PENERAPAN KONSEP ENERGI MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN I TEMPURSARI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan penerapan konsep energi melalui metode eksperimen dengan model think pair share pada siswa kelas IV SDN I Tempursari tahun pelajaran 2014/2015 dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Simpulan bahwa metode eksperimen dengan model Think Pair Share(TPS)dapat meningkatkan kemampuan penerapan konsep energi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempursari tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dengan model Think Pair Share(TPS)dapat meningkatkan kemampuan penerapan konsep energi pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tempursari tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan penerapan konsep energi siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata kemampuan penerapan konsep energi sebelum tindakan hanya 64,12 dengan persentase ketuntasan 48 %. Nilai rata-rata setelah diberi tindakan pada siklus I 69 dengan persentase ketuntasan 56%, dan pada siklus II 75,9 dengan persentase ketuntasan 92%). Kata Kunci: Kemampuan penerapan konsep energi, Eksperimen, Think Pair Share (TPS).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 05 Apr 2017 08:32
    Last Modified: 05 Apr 2017 08:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33221

    Actions (login required)

    View Item