IMPLEMENTASI PENETAPAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SURAKARTA SEBAGAI BADAN LAYANAN UMUM DAERAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN

PRABAWATI, RENI (2017) IMPLEMENTASI PENETAPAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SURAKARTA SEBAGAI BADAN LAYANAN UMUM DAERAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (208Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi diterapkannya Badan Layanan Umum Daerah terhadap kualitas pelayanan. Karena sistem Pelayanan Badan Layanan Umum Daerah merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian observatif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik wawancara dan telaah dokumen. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat Implementasi kualitas kinerja pelayanan RSUD Kota Surakarta sebelum dan setelah diterapkannya Peraturan Walikota Nomor 8 Tahun 2013 tentang Pola Tata Kelola Badan Layanan Umum Daerah Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Surakarta serta bagaimana efektivitasnya terhadap kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejak diterapkan Badan Layanan Umum Daerah pendapatan di RSUD Kota Surakarta mengalami peningkatan dan juga tepat waktu dalam memenuhi seluruh kewajiban jangka pendeknya. Jasa pelayanan telah mampu membiayai kegiatan operasional rumah sakit sejak diberlakukannya Peraturan Walikota Nomor 8 Tahun 2013 tentang Pola Tata Kelola Badan Layanan Umum Daerah. Selain itu penelitian ini menghasilkan penelitian bahwa Peraturan Walikota tentang Tata Kelola BLUD pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Surakarta sampai saat ini dirasakan sudah cukup efektif. Hal ini karena dengan di berlakukannya Peraturan Walikota Tata Kelola Badan Layanan Umum Daerah ini, dirasakan telah dapat memberikan manfaat terhadap pelayanan terhadap masyarakat diantaranya dari segi sumber daya manusia, segi sarana dan prasarana dan segi pembiayaan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Hukum - S2
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 05 Apr 2017 08:13
    Last Modified: 05 Apr 2017 08:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33214

    Actions (login required)

    View Item