PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BALL FEELING DAN LATIHAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA KELOMPOK UMUR 13-14 TAHUN SEKOLAH SEPAK BOLA POP SOLO TAHUN 2016

HIDAYAT, RAKHMAT (2017) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BALL FEELING DAN LATIHAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA KELOMPOK UMUR 13-14 TAHUN SEKOLAH SEPAK BOLA POP SOLO TAHUN 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (674Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rakhmat Hidayat K5612063. PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN BALL FEELING DAN LATIHAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA KELOMPOK UMUR 13-14 TAHUN SEKOLAH SEPAK BOLA POP SOLO TAHUN 2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh latihan ball feeling dan latihan pendekatan bermain terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola kelompok umur 13-14 tahun Sekolah Sepak Bola POP Solo tahun 2016; (2) Latihan mana yang lebih baik pengaruhnya antara latihan ball feeling dan latihan pendekatan bermain terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola kelompok umur 13-14 tahun SSB POP Solo tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SSB POP Solo kelompok umur 13-14 tahun berjumlah 28 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola.Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes menggiring bola dari Subagyo Irianto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji persyaratan dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara latihan ball feeling dan latihan pendekatan bermain terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola kelompok umur 13-14 tahun SSB POP Solo tahun 2016, dengan thitung = 6,81> Ttabel = 1,7709; (2) latihan ball feeling lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan latihan pendekatan bermain terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepak bola kelompok umur 13-14 tahun SSB POP Solo tahun 2016, dengan peningkatan ball feeling= 3,117 % > latihan pendekatan bermain= 2,395%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh latihan ball feeling dan latihan pendekatan bermain terhadap kemampuan menggiring bola kelompok umur 13-14 tahun SSB POP Solo tahun 2016; (2) Latihan ball feeling lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan latihan pendekatan bermain terhadap kemampuan menggiring bola kelompok umur 13-14 tahun SSB POP Solo tahun 2016. Katakunci: Latihan Ball Felling, Latihan Pendekatan Bermain, Kemampuan Menggiring Bola. ABSTRACT RakhmatHidayat K5612063.The difference influence exercise ball feeling and training approachment playing against the ability of football dribbling a group of age 13-14 years old soccer school pop solo the 2016 .Thesis, surakarta: The Faculty of Education, sebelas maret surakarta, january 2017. The purpose of this research is to find: ( 1 ) the differences between the influence ball feeling exercise and approachment playing exercise against the ability of football dribbling a group of age 13-14 years old soccer school pop solo the 2016; ( 2 ) which exercises have the better impact between ball feeling exercise and approachment playing exercise against the ability of football dribbling a group of age 13-14 years old soccer school pop solo the 2016. The kind of research that is used is research experiment. The subject in this research is the student of soccer school pop solo which is 28 students.The data which collected in this study in the form of the ability of football dribbling.A test and measurement of who is employed to collect data is by dribbling test Subagyo Irianto. The data technique analysis that used in this research was test a differences with this requirements first like reliability test, test normality, and the homogeneity. After doing the research, the results as follows: ( 1 ) there is a difference in the influence between ball feeling exercise and approachment playing exercise against the ability of football dribbling a group of age 13-14 years old soccer school pop solo the 2016, with Thitung = 6.81> Ttabel = 1,7709; ( 2 ) the exercise of ball feeling exercise is better on their influence than by the exercise of approachment playing against the ability of football dribbling a group of age 13-14 years old soccer school pop solo the 2016 , with an increase in ball feeling exercise = 3,117 % > the exercise approachment playing= 2,395 %. Based on the results of research can be summed up as follows: ( 1 ) there is a difference in the influence between ball feeling exercise and approachment playing exercise against the ability of football dribbling a group of age 13-14 years old soccer school pop solo the 2016; ( 2 ) the exercise of ball feeling exercise is better on influence than the exercise of approachment playing against the ability of football dribbling a group of age 13-14 years old soccer school pop solo the 2016. Keywords: Ball Feeling Exercise, approachment Playing Exercise, Dribbling Agility.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 05 Apr 2017 08:08
    Last Modified: 05 Apr 2017 08:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33212

    Actions (login required)

    View Item