MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN OUTDOOR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DANARAJA BANYUMAS TAHUN AJARAN 2016/2017

WAHIDIN, RAFAT (2017) MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN OUTDOOR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DANARAJA BANYUMAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (900Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rafat Wahidin. K4610074. MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN OUTDOOR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DANARAJA BANYUMAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi keterampilan gerak dasar lokomotor melalui permainan outdoor. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Danaraja Banyumas pada tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas II berjumlah 26 siswa dan obyek penelitinnya adalah meningkatkan kompetensi keterampilan gerak dasar lokomotor melalui permainan outdoor. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti bekerjasama dengan guru penjasorkes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari 6 kali pertemuan, kemudian tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah semua data yang tersedia, baik data kuantitatif secara statistik deskriptif komparatif (persentase) maupun data kualitatif secara analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan outdoor dapat meningkatkan kompetensi keterampilan gerak dasar lokomotor yang semula pada prasiklus kelulusan sebesar 34,6% menjadi 61,5% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,9%, sehingga hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 42,3%. Kata kunci : Permainan Outdoor dan Kompetensi Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 05 Apr 2017 08:05
    Last Modified: 05 Apr 2017 08:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33211

    Actions (login required)

    View Item