UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM GAYA MENYAMPING DENGAN PENERAPAN MODIFIKASI SARANA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI TKR SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

SAMUDRO, WAHYU JOKO (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM GAYA MENYAMPING DENGAN PENERAPAN MODIFIKASI SARANA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI TKR SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (730Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wahyu Joko Samudro, UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM GAYA MENYAMPING DENGAN PENERAPAN MODIFIKASI SARANA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI TKR SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerakan lempar cakram gaya menyamping melalui penerapan modifikasi sarana pembelajaran lempar cakram pada siswa kelas XI TKR SMK Murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2015 / 2016, dengan jumlah 21 siswa dengan rincian keseluruhan siswa adalah laki-laki. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Dari analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hasil belajar rangkaian gerak lempar cakram gaya menyamping siswa mencapai 33,33% atau sebanyak 7 siswa dari 21 siswa telah masuk dalam kriteria tuntas. Pada siklus II, hasil belajar rangkaian gerak lempar cakram gaya menyamping siswa yang mencapai kriteria tuntas juga mengalami peningkatan menjadi 90,48% atau 19 siswa dari 21 siswa dan sisanya sebanyak 2 siswa masuk dalam criteria belum tuntas. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menarik. Sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: belajar menggunakan modifikasi sarana pembelajaran, dapat meningkatkan hasil belajar rangkaian gerak lempar cakram gaya menyamping melalui modifikasi sarana pembelajaran lempar cakram pada siswa kelas XI TKR SMK Murni 1 Surakarta tahun pelajaran 2015 / 2016 . Kata Kunci : Hasil Belajar, Rangkaian Gerak Lempar Cakram Gaya Menyamping, Modifikasi Sarana Pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    L Education > L Education (General)
    R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Apr 2017 23:16
    Last Modified: 04 Apr 2017 23:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33209

    Actions (login required)

    View Item