PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 KARANGANYARTAHUN AJARAN 2015/2016 (Kompetensi Dasar 3.6 Menganalisis Hubungan antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer)

Wati, Neny Rochima (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 KARANGANYARTAHUN AJARAN 2015/2016 (Kompetensi Dasar 3.6 Menganalisis Hubungan antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (624Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Neny Rochima Wati. K5412056. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKKELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 KARANGANYARTAHUN AJARAN 2015/2016 (Kompetensi Dasar 3.6Menganalisis Hubungan antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer).Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan (1) partisipasi peserta didik (2) hasil belajar peserta didikdengan menggunakan Model Number Head Together (NHT) disertai Mind Mappada KD3.6Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah kelas X IPS 1 SMA N 2 Karanganyar yang berjumlah 38 anak. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes yaitu berupa tes formatif untuk mengukur hasil belajar dan teknik non-tes berupa Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif, yaitu pada partisipasi peserta didik diamati dengan lembar observasi dan hasil belajar peserta didik dengan pemberian tes formatif disetiap akhir siklus dengan indikator ketercapaian adalah >75%. Hasil penelitian(1)terdapat peningkatan partisipasi peserta didik dari sebelum dilaksanakan tindakan hingga Siklus II. Partisipasi peserta didik pada kategori tinggi meningkat dari kondisi awal sebesar 21,1% menjadi 39,5% pada Siklus I dan 78,9% pada Siklus II. (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dari pratindakan hingga Siklus II. Hasil belajar sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 50% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), setelah dilaksanakan tindakan hasil belajar meningkat menjadi 57,9% pada Siklus I dan 86,9% pada Siklus II. Penelitian dihentikan pada Siklus II karena indikator ketercapaian sebesar >75% sudah tercapai. Kata Kunci :number head together, NHT,mind map, partisipasi peserta didik, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Yanny Wulandari
    Date Deposited: 04 Apr 2017 20:39
    Last Modified: 04 Apr 2017 20:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33177

    Actions (login required)

    View Item