PENGARUH PERUBAHAN CHIEF EXECUTIVE OFFICERS (CEO) KELUARGA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Perusahaan Keluarga yang Terdaftar di BEI tahun 2010-2015)

GITA S, DWIJAYANTI (2017) PENGARUH PERUBAHAN CHIEF EXECUTIVE OFFICERS (CEO) KELUARGA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Perusahaan Keluarga yang Terdaftar di BEI tahun 2010-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (66Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH PERUBAHAN CHIEF EXECUTIVE OFFICERS (CEO) KELUARGA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Perusahaan Keluarga yang Terdaftar di BEI tahun 2010-2015) DWIJAYANTI GITA SAPUTRI F1214031 Perusahaan keluarga memiliki masalah kinerja perusahaan yang buruk. Berdasarkan hasil penilaian menunjukkan perusahaan keluarga di Indonesia memperoleh penilaian negatif atas kinerja perusahaan terkait masalah transparansi dan tanggung jawab dewan komisaris. Hal tersebut disebabkan oleh penentuan direksi dan komisaris di perusahaan yang sering mengalami perubahan serta adanya pengaruh gender dalam perubahan CEO perusahan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh perubahan Chief Executive Officers (CEO) terhadap kinerja perusahaan keluarga. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 94 perusahaan keluarga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan secara konsisten melaporkan data keuangan tahun 2010-2015. Metode statistik dalam penelitian ini menggunakan program eviews dengan metode least squares dengan variabel dependen kinerja perusahaan yang diukur dengan ROA (Return On Asset). Variabel independen dalam penelitian ini yaitu perubahan CEO dan perubahan gender. Sedangkan variabel kontrolnya adalah ukuran perusahaan, usia perusahaan, dan leverage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen yang diproksikan oleh perubahan CEO dan gender serta variabel kontrol yang diproksikan oleh ukuran perusahaan, usia perusahaan dan leverage berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F nilai probabilitas 0.00000 yang lebih kecil dari 0.01 sebagai salah satu nilai signifikan. Variabel perubahan CEO berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t sebesar 1.914099 dengan signifikansi 0.0561 < 0.10. Sedangkan variabel perubahan gender berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t sebesar 3.093236 dengan signifikansi 0.0021 < 0.01. Kata Kunci : ROA, CEO, gender, ukuran perusahaan, usia perusahaan, leverage

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 04 Apr 2017 17:10
    Last Modified: 04 Apr 2017 17:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33171

    Actions (login required)

    View Item