KAJIAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA KEKERINGAN DI KECAMATAN PARANGGUPITO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2016 (Sebagai Bahan Pengayaan Pembelajaran Geografi Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Kelas X)

REDINA T, ANISA (2017) KAJIAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA KEKERINGAN DI KECAMATAN PARANGGUPITO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2016 (Sebagai Bahan Pengayaan Pembelajaran Geografi Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Kelas X). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (65Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anisa Redina Trijayanti. K5412009. KAJIAN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA KEKERINGAN DI KECAMATAN PARANGGUPITO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2016 (Sebagai Bahan Pengayaan Pembelajaran Geografi Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Kelas X). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesiapsiagaan individu/rumah tangga di Kecamatan Paranggupito dalam menghadapi bencana kekeringan, (2) mengetahui kesiapsiagaan komunitas sekolah dasar di Kecamatan Paranggupito dalam menghadapi bencana kekeringan, (3) mengetahui kesiapsiagaan pemerintah desa di Kecamatan Paranggupito dalam menghadapi bencana kekeringan, (4) mengetahui kesiapsiagaan wilayah setiap desa di Kecamatan Paranggupito dalam menghadapi bencana kekeringan. Populasi penelitian ini adalah seluruh komunitas rumah tangga, komunitas sekolah dasar dan pemerintah desa yang terkena bencana kekeringan di delapan desa di Kecamatan Paranggupito. Sampel penelitian kajian kesiapsiagaan individu/rumahtangga adalah 2 KK per dusun dari setiap desa dengan teknik pengambilan sampel “Accidental Quota Sampling”, sampel penelitian kajian kesiapsiagaan komunitas sekolah dasar adalah Kepala Sekolah, 2 orang guru, dan 2 orang peserta didik dari masing-masing sekolah dasar dengan teknik pengambilan sampel “Accidental Quota Sampling”, sampel penelitian kajian kesiapsiagaan pemerintah desa adalah Kepala Desa, 2 orang staff pemerintahan desa, dan dua orang kepala dusun dengan teknik pengambilan sampel “Purposive Sampling”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dilaksanakan dengan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan pedoman framework pengukuran kesiapsiagaan LIPI=UNESCO/ISDR 2006. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini: (1) Untuk kajian kesiapsiagaan individu/rumahtangga, 4 desa masuk ke dalam kelas “Hampir Siap” yaitu Desa Gudangharjo, Ketos, Paranggupito, dan Sambiharjo. 3 desa masuk ke dalam kelas “Kurang Siap” yaitu Desa Gunturharjo, Johunut, dan Songbledeg. 1 desa masuk ke dalam kelas “Belum Siap” yaitu Desa Gendayakan. (2) Untuk kajian kesiapsiagaan komunitas sekolah dasar, komunitas sekolah dasar di 3 desa masuk ke dalam kelas “Hampir Siap” yaitu Desa Gudangharjo, Ketos, dan Paranggupito. Sedangkan komunitas sekolah dasar di 5 desa yang lainnya masuk ke dalam kelas “Kurang Siap” yaitu Desa Gendayakan, Gunturharjo, Johunut, Sambiharjo dan Songbledeg. (3) Untuk kajian kesiapsiagaan pemerintah desa, 1 desa masuk ke dalam kelas “Hampir Siap” yaitu Desa Gendayakan, 2 desa masuk ke dalam kelas “Kurang Siap” yaitu Desa Gudangharjo dan Sambiharjo, dan 5 desa lainnya masuk ke dalam kelas “Belum Siap” yaitu Desa Gunturharjo, Johunut, Ketos, Paranggupito, dan Songbledeg. (4) untuk kajian kesiapsiagaan wilayah, 1 desa masuk ke dalam kelas “Belum Siap” yaitu Desa Songbledeg dan ketujuh desa yang lain masuk ke dalam kelas “Kurang Siap” yaitu Desa Gendayakan, Gudangharjo, Gunturharjo, Johunut, Ketos, Paranggupito dan Sambiharjo. Kata kunci: Kesiapsiagaan, Bencana, Kekeringan, Masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 04 Apr 2017 16:38
    Last Modified: 04 Apr 2017 16:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33161

    Actions (login required)

    View Item