Nilai Trombosit dan Hematokrit antara Penderita Hipertensi Gestasional dengan Preeklampsi Berat/Eklampsi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

PRATAMA, ANDIKA (2017) Nilai Trombosit dan Hematokrit antara Penderita Hipertensi Gestasional dengan Preeklampsi Berat/Eklampsi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (101Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Andika Pratama, G0013027, 2016. Nilai Trombosit dan Hematokrit antara Penderita Hipertensi Gestasional dengan Preeklampsi Berat/Eklampsi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Latar Belakang: Hipertensi pada kehamilan merupakan keadaan pada masa kehamilan yang ditandai dengan terjadinya kenaikan tekanan darah lebih dari 140/ 90 mmHg. Hipertensi pada kehamilan yang sering dijumpai adalah hipertensi gestasional, preeklampsi dan eklampsi, Berdasarkan data SKRT pada tahun 2014 diketahui bahwa hipertensi dalam kehamilan termasuk preeklampsi/eklampsi menduduki peringkat kedua penyebab kematian ibu. Pada penyakit hipertensi dalam kehamilan terjadi penurunan kadar trombosit dan peningkatan kadar hematokrit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan hubungan nilai trombosit dan hematokrit antara penderita Hipertensi Gestasional dengan Preeklampsi Berat/ Eklampsi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional, dilaksanakan di Ruang Rekam Medis di RSUD Dr. Moewardi. Sampel terdiri dari 100 data pasien yang diambil dari Rekam Medis dengan teknik consecutive sampling dengan restriksi kriteria inklusi dan eksklusi. Peneliti mendata hasil pemeriksaan laboratorium yang terdiri dari nilai trombosit dan hematokrit. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji Mann-Whitney ,uji beda T dan regresi linier dengan nilai kemaknaan p < 0,05. Hasil Penelitian: Uji Mann-Whitney antara hipertensi gestasional dan preeklampsi berat dengan hematokrit menunjukkan nilai p = 0,248 (tidak signifikan, sedangkan perbandingan dengan trombosit menunjukkan nilai p = 0,012 (signifikan). Uji regresi linear didapatkan bentuk persamaan model regresi yaitu Y = -5055,125 + 6926,613 X dan Y = 352420,433 - 2262,856X dengan Y adalah nilai trombosit dan X adalah nilai hematokrit. Simpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna pada nilai trombosit, namun tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada nilai hematokrit antara penderita hipertensi gestasional dengan preeklampsi berat/eklampsi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta Kata kunci: Hipertensi Gestasional, Hematokrit, Trombosit, Preeklampsi Berat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RB Pathology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 04 Apr 2017 16:33
    Last Modified: 04 Apr 2017 16:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33160

    Actions (login required)

    View Item