Perbedaan Penilaian Diri Kinerja Tutor antara Dosen dengan Riwayat Mengajar saat Paradigma Teacher Centered Learning dan Student Centered Learning

BURHANUDIN, AFIF (2017) Perbedaan Penilaian Diri Kinerja Tutor antara Dosen dengan Riwayat Mengajar saat Paradigma Teacher Centered Learning dan Student Centered Learning. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (342Kb)

    Abstract

    Afif Burhanudin, G0013006, 2016. Perbedaan Penilaian Diri Kinerja Tutor antara Dosen dengan Riwayat Mengajar saat Paradigma Teacher Centered Learning dan Student Centered Learning. Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pendahuluan: Pada awalnya sistem pembelajaran kedokteran di Indonesia menggunakan model Teacher Centered Learning (TCL), yang ternyata membuat mahasiswa pasif. Pada tahun 2007 sistem pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret berganti menjadi Student Centered Learning, yaitu sistem di mana peran dosen berubah menjadi tutor yang memfasilitasi mahasiswa untuk mencari informasi. Dari perubahan sistem pembelajaran tersebut maka terdapat pergeseran paradigma mengajar dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penilaian diri kinerja tutor antara dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma teacher centered learning dan student centered learning. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian dalam bentuk survey yang bersifat observasional dengan metode pendekatan cross-sectional yang dilaksanakan pada bulan Desember 2016 di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Sampel penelitian ini berjumlah 85 orang dengan metode total sampling. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan uji T independen. Hasil Penelitian: Didapatkan hasil p sebesar 0.631, oleh karena p>0.05 maka dinyatakan bahwa penilaian diri kinerja tutor pada dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma teacher centered learning tidak berbeda dengan penilaian diri kinerja tutor pada dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma student centered learning. Simpulan Penelitian: Tidak terdapat perbedaan penilaian diri kinerja tutor antara dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma teacher centered learning dan dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma student centered learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 04 Apr 2017 16:10
    Last Modified: 04 Apr 2017 16:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33155

    Actions (login required)

    View Item