Hubungan Hipotiroidisme dengan Intelligence quotient pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

MUSHTHAFA H, MUHAMMAD (2017) Hubungan Hipotiroidisme dengan Intelligence quotient pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    Riset membuktikan bahwa adanya hubungan yang nyata antara zat gizi mikro dengan skor IQ dalam perkembangan otak. Perkembangan otak sangat dipengaruhi oleh hormon tiroid. Indonesia diperkirakan mengalami defisit tingkat inteligensi sebesar 140-150 juta IQ poin. Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar termasuk daerah endemik gondok di Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hipotiroid berpengaruh pada intelligence quotient di Ngargoyoso, Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan metode purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar dengan jumlah sampel 38 sampel. Diagnosis hipotiroidisme dilakukan dengan menggunakan Zulewski’s clinical score dan dengan Kriteria diagnosis WHO/ ICCID. Kemudian kedua nilai tersebut dijadikan satu dengan menggunakan T-Score. Nilai IQ dihitung menggunakan Culture Fair Intellegence Test (CFIT). Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji korelasi Pearson. Hasil: Persentase tingkat kecerdasan rata-rata pada anak usia sekolah dasar dengan hipotiroid (+) 42,5% adapun untuk status hipotiroidisme (-) 20%. Hasil uji korelasi Pearson didapatkan r = -0,522, kekuatan korelasi signifikan dan arah korelasi negatif. Dari uji regresi didapatkan r2 = 0,273. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, terdapat hubungan negatif antara hipotiroidisme dengan intelligence quotient pada anak usia sekolah dasar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 04 Apr 2017 14:09
    Last Modified: 04 Apr 2017 14:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33151

    Actions (login required)

    View Item