EVALUASI KINERJA SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL JALAN SONGGO LANGIT – JALAN MANGESTI RAYA GENTAN, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO

Rahmawati, Erni Juniar (2017) EVALUASI KINERJA SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL JALAN SONGGO LANGIT – JALAN MANGESTI RAYA GENTAN, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (223Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Erni Juniar Rahmawati, 2017, Evaluasi Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Jalan Songgo Langit – Jalan Mangesti Raya , Gentan , Baki Kabupaten Sukoharjo Menjadi Simpang Bersinyal. Tugas Akhir, Jurusan D3 Teknik Sipil Transportasi Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta” Permasalahan yang sering ditemui pada sistem transportasi perkotaan adalah timbulnya kemacetan lalu lintas di ruas jalan dan adanya konflik di persimpangan khususnya pada simpang tak bersinyal. Salah satunya adalah di ruas jalan lengan simpang empat tak bersinyal Jalan Songgo Langit – Jalan Mangesti Raya. Melihat permasalahan yang ada maka perlu adanya analisis terhadap simpang empat tak bersinyal Jalan Songgo Langit – Jalan Mangesti Raya agar didapat peningkatan kinerja yang tepat. Data data yang diperlukan dalam proses analisis kinerja ini adalah data primer yang berupa hasil survai lalu lintas pada jam puncak dengan metoda pencacahan lalu lintas secara manual. Selain itu diperlukan juga data sekunder sebagai data pendukung dalam pengolahan data. Prosedur analisis simpang ini secara umum mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997 Dari hasil perhitungan kinerja simpang empat Jalan Songgo Langit – Jalan Mangesti Raya pada kondisi eksisting memiliki DS = 0,92 (jam puncak pagi), DS = 0,86 (jam puncak siang), dan DS = 0,89 (jam puncak sore) ; Kapasitas simpang = 2673,29 smp/jam dan Tundaan = 15,87 det/smp. Dari hasil perhitungan pada kondisi eksisting, DS yang paling besar adalah pada saat jam puncak pagi, maka perbaikan yang dilakukan menggunakan data arus pada jam puncak pagi. Perbaikan yang dilakukan yaitu dengan pemasangan Traffic Light sinyal 2 fase dengan pelebaran pada jalan mayor dan minor serta pengurangan hambatan samping dengan waktu siklus 42 detik. Kinerja simpang setelah didesain ulang, menghasilkan DS pendekat Utara = 0,47, DS pendekat Selatan = 0,73, DS pendekat Timur = 0,49, DS pendekat Barat = 0,73; Panjang antrian = 57,1 m dan Tundaan = 26,13 det/smp. Biaya pemasangan traffic light sebesar Rp 482.000.000,- dengan waktu pelaksanaan selama 16 hari. Kata kunci : MKJI 1997, Kinerja, DS, Traffic light.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 04 Apr 2017 13:30
    Last Modified: 04 Apr 2017 13:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33143

    Actions (login required)

    View Item