EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA SMP SE-SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

UTAMI, LINA (2017) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA SMP SE-SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (793Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW), Numbered Heads Together (NHT), atau pembelajaran Langsung. (2) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian artisan, guardian, idealis atau rasional. (3) Pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan tipe kepribadian artisan, idealis, guardian atau rasional. (4) Pada masing-masing tipe kepribadian manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik siswa yang dikenai model pembelajaran TTW, NHT atau Langsung pada materi Relasi dan Fungsi siswa kelas VIII SMP se- Surakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP se-Surakarta.Penelitian ini merupakan quasi-eksperimental research dengan desain faktorial 3x4. Teknik pengambilan sampel dengan stratified cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan efek yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TTW, NHT dan Langsung terhadap prestasi belajar matematika. (2) Ada perbedaan efek yang signifikan antara tipe kepribadian terhadap prestasi belaja matematika. (3) Pada masing-masing model pembelajaran, tidak ada perbedaan efek yang signifikan, siswa dengan tipe kepribadian artisan, idealis, guardian atau rasional terhadap prestasi belajar matematika.(4) Pada masing-masing tipe kepribadian tidak ada perbedaan efek yang signifikan, siswa yang dikenai model pembelajaran TTW, NHT atau Langsung terhadap terhadap prestasi belajar matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 04 Apr 2017 13:30
    Last Modified: 04 Apr 2017 13:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33142

    Actions (login required)

    View Item