PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANBERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN (Eksperimen Pada Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun 2016/2017)

PUSPITASARI, DYAH (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANBERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN (Eksperimen Pada Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun 2016/2017). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (666Kb)

    Abstract

    Dyah Puspitasari, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan (Eksperimen Pada Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMAN 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun 2016/2017). TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd, Pembimbing II: Puguh Karyanto, S.Si, M.Si, Ph.D. Program Pascasarjana Kependidikan. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis Pictorial Riddle dan metode Ceramah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon; (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon; dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Inkuiri berbasis Pictorial Riddle dengan kemampuan berpikir kritis pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (Quasy Experimental) dengan rancangan post test design yang melibatkan dua kelompok yaitu, satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel penelitian sebanyak satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui tes untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis varians faktorial 2 x 2. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis Pictorial Riddle lebih tinggi dibandingkan metode ceramah pada siswa SMA Negeri 1 Pulokulon; (2) Hasil pencapaian nilai pada materi pengetahuan dasar pemetaan antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon; (3) Pengaruh interaksi antara pembelajaran Inkuiri berbasis Pictorial Riddle dengan kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran inkuiri berbasis Pictorial Riddle dengan kemampuan berpikir kritis rendah pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kata kunci: Model Pembelajaran, Pictorial Riddle, Ceramah, Kemampuan Berpikir Kritis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 04 Apr 2017 13:22
    Last Modified: 04 Apr 2017 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33138

    Actions (login required)

    View Item