Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Sri Rinjani Karya Eva Nourma serta Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA

AHMADI, ALPAN (2017) Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Sri Rinjani Karya Eva Nourma serta Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (668Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan 1) latar belakang pengarang novel Sri Rinjani; 2) latar belakang sosial budaya novel Sri Rinjani; (3) nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sri Rinjani; dan (4) relevansinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologi Sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang terdapat dalam novel Sri Rinjani. Sumber data dalam penelitian ini berupa data teks novel Sri Rinjani karya Eva Nourma, yang diterbitkan oleh STKIP Hamzanwadi Press tahun 2011, wawancara dengan pengarang, dan wawancara dengan guru. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode interaktif. Analisis data dilakukan dengan cara analisis interaktif. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini adalah; 1) Secara sosio-historis pengarang, karya Eva Nourma bernuansa kearifan lokal bahkan multikultural dengan menjadikan suku Sasak sebagai ikon penciptaannya; 2) Latar belakang sosial budaya masyarakat Sasak meliputi pekerjaan sebagai petani, nelayan, buruh kasar, pemecah batu, dan pengembala. Tingkat pendidikan dan taraf hidup masyarakat Sasak di pedesaan masih rendah. Adat atau kebiasaan masyarakat Sasak melestarikan budaya Bau Nyale. Masyarakat Sasak mayoritas beragama Islam sebagaimana Lombok diberi gelar Pulau Seribu Masjid dan Serambi Madinah. Dan masyarakat Sasak meyakini bahwa nyale bisa sebagai obat, perekat manusia, azimat, dan mendekatkan jodoh; 3) Nilai pendidikan pada novel Sri Rinjani adalah agama/religius meliputi; pelaksanakan sholat. Nilai sosial meliputi; sikap kepedulian terhadap masyarakat lemah, sikap tolong menolong, dan sikap tanggungjawab. Karakter meliputi; religius, kerja keras, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adat/budaya meliputi; kebiasaan masyarakat dalam tradisi Bau Nyale yang mencerminkan perdamaian dan kepedulian terhadap budaya sendiri serta membangun Berugak sebagai tempat menjamu tamu dan bercengkerama dengan keluarga; 4) novel Sri Rinjani karya Eva Nourma relevan digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA. Kata Kunci: Sosiologi Sastra, Nilai Pendidikan Pembelajaran Sastra

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 04 Apr 2017 13:09
    Last Modified: 04 Apr 2017 13:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33132

    Actions (login required)

    View Item