FAKTOR ANTROPOMETRI DAN KONDISI FISIK DOMINAN PENENTU KEMAMPUAN JUMP SERVICE BOLAVOLI (Analisis Faktor Penentu Kemampuan Jump Service Bolavoli Putra PBVSI Kabupaten Magetan)

UTOMO, ANDRI WAHYU (2017) FAKTOR ANTROPOMETRI DAN KONDISI FISIK DOMINAN PENENTU KEMAMPUAN JUMP SERVICE BOLAVOLI (Analisis Faktor Penentu Kemampuan Jump Service Bolavoli Putra PBVSI Kabupaten Magetan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (827Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Andri Wahyu Utomo. A121508008. 2017. FAKTOR ANTROPOMETRI DAN KONDISI FISIK DOMINAN PENENTU KEMAMPUAN JUMP SERVICE BOLAVOLI (Analisis Faktor Penentu Kemampuan Jump Service Bolavoli Putra PBVSI Kabupaten Magetan). Pembimbing I : Prof. Dr. Kiyatno, dr., PFK., M.Or, AIFO, Pembimbing II : Prof. Dr. Siswandari, M.Stats. Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui faktor antropometri (tinggi badan, panjang lengan, panjang telapak kaki) yang dominan dalam menentukan kemampuan jump service bolavoli putra. (1) untuk mengetahui faktor kondisi fisik (power otot tungkai, koordinasi mata-tangan, kelentukan togok, kekuatan otot perut, power otot lengan dan bahu) yang dominan dalam menentukan kemampuan jump service bolavoli putra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode analisis faktor konfirmatori. Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dianalisa menggunakan program statistik komputerisasi dengan sistem SPSS Versi 23 dan menggunakan AMOS 23. Sampel dalam penelitian ini adalah tim Bolavoli Putra PBVSI Kabupaten Magetan yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan yaitu antropometri dan kondisi fisik diantaranya adalah tinggi badan dengan alat ukur antropometer, panjang lengan dengan alat ukur antropometer, panjang telapak kaki dengan alat ukur antropometer, power otot tungkai diukur dengan tes vertical jump, koordinasi mata-tangan diukur dengan tes lempar tangkap bola tennis, kelentukan togok diukur dengan tes bridge-up, kekuatan otot perut diukur dengan tes sit-up, power otot lengan dan bahu diukur dengan tes two-hand medicine ball put. Hasil penelitian yaitu faktor yang dominan pada kemampuan jump service bolavoli adalah : tinggi badan dengan nilai korelasi sebesar 0,321, panjang lengan dengan nilai korelasi sebesar 0,209, panjang telapak kaki nilai korelasi sebesar 0,294, power otot tungkai dengan nilai korelasi sebesar 0,008, koordinasi mata-tangan dengan nilai korelasi sebesar 0,765, kelentukan togok dengan nilai korelasi sebesar 0,357, kekuatan otot perut dengan nilai korelasi sebesar 0,413, power otot lengan dan bahu dengan nilai korelasi sebesar 0,445. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut : (1) faktor antropometri yang dominan penentu kemampuan jump service bolavoli Putra PBVSI Kabupaten Magetan adalah tinggi badan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,321. (2) faktor kondisi fisik yang dominan penentu kemampuan jump service bolavoli Putra PBVSI Kabupaten Magetan adalah koordinasi mata-tangan dengan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,765. Kata Kunci : Antropometri, Kondisi Fisik, Jump Service Bolavoli

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 04 Apr 2017 13:05
    Last Modified: 04 Apr 2017 13:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33130

    Actions (login required)

    View Item