EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SUBPOKOK BAHASAN FUNGSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

HIDAYATI, ISTIQOMAH (2017) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SUBPOKOK BAHASAN FUNGSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (933Kb)

    Abstract

    Istiqomah Hidayati. K1312042. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SUBPOKOK BAHASAN FUNGSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, siswa dengan model pembelajaran active learning tipe team quiz atau model pembelajaran konvensional pada subpokok bahasan fungsi. (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, siswa dengan minat belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah pada subpokok bahasan fungsi. (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan minat belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah pada subpokok bahasan fungsi. (4) pada masing-masing kategori minat belajar matematika, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang memperoleh model pembelajaran active learning tipe team quiz atau siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional pada subpokok bahasan fungsi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII F dan kelas VIII H dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode dokumentasi untuk data awal siswa yang berupa nilai ulangan harian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukoharjo pada materi sistem koordinat, metode angket untuk data minat belajar matematika siswa, dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe. Dari penelitian ini diperoleh simpulan sebagai berikut (1) siswa yang memperoleh model pembelajaran active learning tipe team quiz memiliki prestasi yang lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional pada subpokok bahasan fungsi. (2) siswa yang memiliki minat belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar sama baik dengan siswa yang memiliki minat belajar matematika sedang, siswa yang memiliki minat belajar matematika sedang memiliki prestasi belajar sama baik dengan siswa yang memiliki minat belajar matematika rendah, dan siswa yang memiliki minat belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika lebih baik dari pada siswa dengan minat belajar matematika rendah pada subpokok bahasan fungsi. (3) Pada masing-masing model pembelajaran yaitu model pembelajaran konvensional maupun model pembelajaran active learning tipe team quiz, perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa dengan minat tinggi dan sedang, sedang dan rendah, tinggi dan rendah adalah sama pada subpokok bahasan dungsi. (4) Pada masing-masing minat belajar matematika (tinggi, sedang, dan rendah) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe team quiz sama efektifnya dengan dengan model pembelajaran konvensional pada subpokok bahasan fungsi. Kata kunci : Model Pembelajaran Active Learning, Model Pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz, Minat Belajar Matematika, Fungsi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 04 Apr 2017 12:11
    Last Modified: 04 Apr 2017 12:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33125

    Actions (login required)

    View Item