Pengembangan Model Pelatihan Berkelanjutan Untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Ke-PLB-an Bagi Guru Reguler di Sekolah Inklusi

Martika, Tias (2017) Pengembangan Model Pelatihan Berkelanjutan Untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Ke-PLB-an Bagi Guru Reguler di Sekolah Inklusi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (358Kb)

    Abstract

    Tias Martika, S041502016. 2017. Pengembangan Model Pelatihan Berkelanjutan Untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik ke-PLB-an Bagi Guru Reguler di Sekolah Inklusi. Tesis. Pembimbing I: Abdul Salim. Pembimbing II: Munawir Yusuf. Program Studi Pendidikan Luar Biasa Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Srakarta. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat kompetensi pedagogik ke-PLB-an bagi guru reguler di sekolah inklusi, (2) mengetahui model pelatihan komptensi pedagogik ke-PLB-an guru reguler di sekolah inklusi yang saat ini dijalankan, (3) mengetahui model pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik ke-PLB-an bagi guru guru reguler di sekolah inklusif, (4) mengetahui validitas model pelatihan berkelanjutan untuk peningkatan kompetensi pedagogik ke-PLB-an bagi guru reguler di sekolah inklusi dalam penelitian ini. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pertama studi pendahuluan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik ke-PLB-an bagi guru reguler di sekolah inklusi, model pelatihan komptensi pedagogik ke-PLB-an guru reguler di sekolah inklusi yang saat ini dijalankan, dan model pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik ke-PLB-an bagi guru guru reguler di sekolah inklusif. Tahap kedua yaitu penyusunan model pelatihan berkelanjutan. Tahap ketiga yaitu validasi ahli dan validasi calon pengguna untuk menilai model dan memberi saran dan komentar untuk penyempurnaan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kompetensi pedagogik ke-PLB-an guru reguler di sekolah inklusi mayoritas menunjukkan kurang, (2) Model pelatihan yang sudah ada belum efektif untuk peningkatan kompetensi pedagogik ke-PLB-an bagi guru reguler di sekolah inklusi, (3) Model pelatihan yang dianggap perlu dan efektif untuk peningkatan kompetensi pedagogik ke-PLB-an bagi guru reguler di sekolah inklusi adalah model pelatihan berkelanjutan In-On-In (4) Validitas model pelatihan berkelanjutan untuk peningkatan kompetensi pedagogik ke-PLB-an bagi guru reguler di sekolah inklusi telah divalidasi ahli dengan hasil rata-rata ahli yaitu 4,49 (sangat baik) dan validasi oleh calon pengguna dengan hasil rata-rata 4,32 (sangat Baik). Kata Kunci : Model Pelatihan Berkelanjutan, Kompetensi Pedagogik ke-PLB-an, Guru Reguler, Sekolah Inklusi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 03 Apr 2017 19:52
    Last Modified: 03 Apr 2017 19:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33105

    Actions (login required)

    View Item