ARGUMENTASI ALASAN PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS JUDEX FACTIE DALAM DALAM PERKARA PERBUATAN CABUL OLEH DOSEN (studi putusan Mahkamah Agung Nomor 1456K/Pid/2014)

Adelia, Savira (2017) ARGUMENTASI ALASAN PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS JUDEX FACTIE DALAM DALAM PERKARA PERBUATAN CABUL OLEH DOSEN (studi putusan Mahkamah Agung Nomor 1456K/Pid/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1196Kb)

    Abstract

    Savira AdeliaE0012357ABSTRAKSavira Adelia. 2016. E0012357. ARGUMENTASI ALASAN PERMOHONANKASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS JUDEXFACTIE DALAM PERKARA PERBUATAN CABUL OLEH DOSEN (StudiPutusan Mahkamah Agung Nomor: 1456K/Pid/2014). Penulisan Hukum(Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.Penelitian ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenaiargumentasi alasan diajukannya permohonan Kasasi Penuntut Umum terhadapPutusan Bebas Judex Factie dalam Perkara perbuatan Cabul oleh Dosen denganketentuan KUHAP.Penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan adalahjenis yang digunakan dalam penelitian ini. Sumber bahan Hukum yang digunakanadalah bahan Hukum primer dan bahan Hukum sekunder yang menggunakanstudi kepustakaan untuk teknik pengumpulan bahan Hukum. Sedangkan teknikanalisis bahan Hukum yang digunakan adalah metode silogisme dengan polaberpikir deduktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa argumentasi alasan permohonanKasasi Penuntut Umum dalam Perkara Perbuatan Cabul yang dilakukan olehTerdakwa telah memuat syarat materiil sehingga sesuai dengan ketentuan Pasal253Ayat (1) huruf a KUHAP, peraturan Hukum tidak diterapkan atau diterapkantidak sebagaimana mestinya Judex Factie salah menerapkan hukum tidakmempertimbangkan fakta Yuridis yang terungkap dipersidangan hanya4 mempertimbangkan sebagian keterangan saksi-saksi dan keterangan Terdakwa.Pertimbangan Mahkamah Agung dalam memutus Kasasi Perkara perbuatan Cabuloleh Dosen yang dilakukan oleh Terdakwa ini berdasarkan pada pertimbanganYuridis dan non Yuridis, telah sesuai Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP,Majelis Hakim mengabulkan permohonan Kasasi Penuntut Umum danmembatalkan Putusan Pengadilan Negeri Pematang Siantar Nomor:336/Pid.B/2013/PN.Pms. Menjatuhkan sanksi Pidana terhadap Terdakwa yangtelah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut Hukum bersalah melakukantindak Pidana Perbuatan Cabul oleh Dosen dan menjatuhkan Pidana penjaraselama 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan dikurangi masa tahanan dan membayardenda sejumlah Rp. 1.000,- (seribu rupiah).Kata kunci: Pen-Cabulan, Kasasi, Putusan Bebas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 03 Apr 2017 19:29
    Last Modified: 03 Apr 2017 19:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33097

    Actions (login required)

    View Item