“Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Keling Kumang Karya R. Masri Sareb Putra serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Kejuruan”

SULASTRI, SAPTIANA (2017) “Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Keling Kumang Karya R. Masri Sareb Putra serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Kejuruan”. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (153Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan unsurunsur intrinsik dalam novel Keling Kumang Karya R. Masri Sareb Putra, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan unsur-unsur budaya Dayak Iban dalam novel Keling Kumang Karya R. Masri Sareb Putra, (3) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Keling Kumang Karya R. Masri Sareb Putra, (4) mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi unsur-unsur budaya Dayak Iban dan nilai pendidikan karakter dalam novel Keling Kumang Karya R. Masri Sareb Putra dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan bentuk kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Kegiatan yang dilakukan adalah membaca, mencermati, menafsirkan, dan menganalisis novel Keling Kumang karya R. Masri Sareb Putra. Data dalam penelitian ini berupa hasil telaah dari novel Keling Kumang karya R. Masri Sareb Putra. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) novel Keling Kumang karya R. Masri Sareb Putra, (2) informan yaitu pengarang novel, guru, dan siswa, (3) Dokumen berupa RPP dan Silabus. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif dengan teknik analisis isi yang meliputi tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) unsur-unsur intrinsik yang ada dalam novel Keling Kumang meliputi tema, alur atau plot, tokoh dan penokohan, latar atau setting, sudut pandang atau point of view, dan amanat, (2) unsur-unsur budaya Dayak Iban dalam novel Keling Kumang meliputi: (a) sistem religi dan upacara keagamaan yaitu animisme dan dinamisme, (b) sistem organisasi kemasyarakatan yaitu melah pinang dan pangurus adat, (c) sistem pengetahuan yaitu konsep tempat tinggal, pengobatan tradisional, dan ladang berpindah, (d) bahasa yaitu bahasa Iban, (e) kesenian yaitu sastra lisan, kerajinan tangan, alat musik tradisional, (f) mata pencaharian yaitu berburu, berladang, dan mengumpulkan hasil hutan, (g) sistem teknologi dan peralatan yaitu sumpit dan mandau, (3) Nilai pendidikan karakter yang terungkap yaitu 8 nilai meliputi: nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab serta memiliki relevansi dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Kejuruan yang dilihat dari aspek kevalidan dan aspek kesesuaian. Adapun nilai pendidikan karakter yang paling dominan dalam novel Keling Kumang karya R. Masri Sareb Putra adalah nilai peduli sosial.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 03 Apr 2017 05:51
    Last Modified: 03 Apr 2017 05:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33041

    Actions (login required)

    View Item