PERBEDAAN PENGARUH ANTARA LUBRIKASI TIP KATETER DAN LUBRIKASI INTRA URETRA TERHADAP RASA NYERI PADA SAAT PEMASANGAN KATETER PADA PASIEN WANITA

Kamil, Syaiful (2017) PERBEDAAN PENGARUH ANTARA LUBRIKASI TIP KATETER DAN LUBRIKASI INTRA URETRA TERHADAP RASA NYERI PADA SAAT PEMASANGAN KATETER PADA PASIEN WANITA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (485Kb)

    Abstract

    Perbedaan Pengaruh antara Lubrikasi Tip Kateter dan Lubrikasi Intra Uretra terhadap Rasa Nyeri pada saat Pemasangan Kateter pada Pasien Wanita ABSTRAK Latar Belakang : Pemasangan kateter uretra dengan berbagai tujuan mempunyai efek nyeri bagi pasien wanita saat dipasang kateter meskipun dengan menggunakan gel anestesi. Hal tersebut karena tidak ada pedoman khusus penggunaan gel terbaik yang direkomendasikan pada kateterisasi pada wanita. Tujuan : Mengetahui pengaruh antara lubrikasi Tip kateter dan lubrikasi intra uretra terhadap rasa nyeri pada saat pemasangan kateter pada pasien wanita. Metode : Penelitian ini merupakan studi eksperimen klinis dengan menggunakan rancangan penelitian post test only. Sampel penelitian 40 dibagi 2 kelompok, dimana kelompok I sebanyak 20 sampel diberi perlakuan lubrikasi Tip kateter dan kelompok II sebanyak 20 sampel diberi perlakuan lubrikasi intra uretra. Setiap sampel akan dilakukan penilaian rasa nyeri dengan VAS Score untuk menilai tingkat rasa nyeri pada saat pemasangan kateter. Hasil : Pada evaluasi rasa nyeri saat kateterisasi dari 20 sampel kelompok II dengan lubrikasi Intra uretra didapatkan nilai VAS score lebih tinggi dengan rata-rata nilai VAS score 7 (9 pasien), 8 (6 pasien), 6 (3), dan paling sedikit skor VAS 9 (2 pasien). Sedangkan dari 20 sampel kelompok I dengan lubrikasi Tip kateter didapatkan nilai VAS score lebih rendah dari pada kelompok II dengan rata-rata nilai VAS score 6 (10 pasien), 5 (6 pasien), 7 (3 pasien), dan VAS score 4 (2 pasien). Sehingga secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan tingkat nyeri antara kelompok I dengan kelompok II dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Simpulan : Dari hasil analisis statistik data penelitian terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan, dimana pasien dengan lubrikasi Tip kateter memiliki kecederungan lebih rendah tingkat nyerinya dibandingkan lubrikasi Intra uretra. Kata Kunci : Kateterisasi, Lubrikasi gel, Rasa nyeri.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RD Surgery
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 03 Apr 2017 05:43
    Last Modified: 03 Apr 2017 05:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33038

    Actions (login required)

    View Item