PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MODEL WEB-ENHANCED COURSE BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI JEMBER

, TIARA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MODEL WEB-ENHANCED COURSE BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI JEMBER. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan media e-learning model web-enhanced course berbasis moodle pada KD perdagangan internasional untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar ekonomi peserta didik SMA negeri di Jember. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur Borg dan Gall yang dimodifikasi, terdiri dari tiga tahap besar yaitu: 1) tahap pendahuluan, 2) tahap pengembangan, dan 3) tahap pengujian. Analisis data yang digunakan selama proses penelitian dan pengembangan adalah: 1) analisis data bersifat induktif untuk mengetahui kebutuhan pengguna atas produk yang akan dikembangkan, 2) analisis deskriptif berdasarkan skor kriteria untuk penilaian kelayakan produk, 3) uji variansi dua jalan untuk mengukur tingkat keefektifan produk dari kemandirian belajar dan uji t dengan sampel berbeda untuk mengukur tingkat keefektifan produk dari hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) berhasil dikembangkannya media e-learning model web-enhanced course berbasis moodle pada KD perdagangan internasional yang efektif meningkatkan kemandirian dan hasil belajar ekonomi peserta didik SMA negeri di Jember; 2) media e-learning yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak ditinjau dari aspek materi, bahasa, media, dan praktisi; 3) berdasarkan hasil uji variansi dan uji t, media efektif meningkatkan kemandirian dan hasil belajar ekonomi peserta didik SMA negeri di Jember; serta 4) media yang dikembangkan lebih efektif meningkatkan kemandirian belajar jika digunakan oleh peserta didik dalam strata tinggi dan sedang. Media e-learning model web-enhanced course berbasis moodle yang efektif meningkatkan kemandirian dan hasil belajar ekonomi peserta didik diharapkan dapat dikembangkan pada kompetensi dasar lainnya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 03 Apr 2017 05:40
    Last Modified: 03 Apr 2017 05:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33037

    Actions (login required)

    View Item