PENAMBAHAN LIMBAH PLASTIK PADA LEMPUNG EKSPANSIF DITINJAU DARI POTENSI MENGEMBANG, TEKANAN MENGEMBANG DAN KUAT TEKAN BEBAS

ILYAS P., NURIANA (2017) PENAMBAHAN LIMBAH PLASTIK PADA LEMPUNG EKSPANSIF DITINJAU DARI POTENSI MENGEMBANG, TEKANAN MENGEMBANG DAN KUAT TEKAN BEBAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (517Kb)

    Abstract

    Tanah lempung ekspansif termasuk dalam salah satu tanah yang bermasalah karena sangat mudah dipengaruhi oleh kadar air. Permasalahan yang dapat terjadi dalam ruang lingkup teknik sipil diantaranya adalah retaknya jalan, defleksi dan deformasi pada bangunan. Berdasarkan permasalah yang dapat disebabkan tanah lempung ekspansif maka perlu dilakukan suatu metode perbaikan. Penelitian ini berusaha untuk memperbaiki tanah lempung ekspansif dengan menggunakan limbah plastik sebagai bahan pengisi tanah. Parameter perbaikan yang ditinjau adalah nilai potensi mengembang, tekanan mengembang dan kuat tekan bebas. Variasi kadar plastik yang digunakan adalah 0%, 0.5%, 0.75% dan 1% dari berat tanah. Kondisi kadar air tanah pada pengujian potensi mengembang dan tekanan mengembang berada di kadar air kering optimum dan optimum, pada kuat tekan bebas berada di kadar air optimum. Kesimpulan akhir yang didapatkan dari penelitian adalah penambahan plastik pada kadar tertentu akan memperbaiki nilai potensi mengembang, tekanan mengembang dan kuat tekan tanah lempung ekspansif. Stabilisasi terbaik untuk tanah lempung ekspansif ada pada penambahan kadar plastik 0.5%. Tanah lempung ekspansif dengan penambahan plastik kadar 0.5% memiliki nilai potensi mengembang dan tekanan mengembang yang rendah yaitu 11.83% dan 86,6 kPa. Tanah lempung ekspansif dengan kadar plastik 0.5% pun memiliki peningkatan kuat tekan terbesar yaitu sebesar 41%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Luthfi Syam
    Date Deposited: 02 Apr 2017 16:57
    Last Modified: 02 Apr 2017 16:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33024

    Actions (login required)

    View Item