ANALISIS PRODUK PADA PERUSAHAAN ROTI “KHARISMA” DI PASAR KLIWON, SURAKARTA

Kamal, (2005) ANALISIS PRODUK PADA PERUSAHAAN ROTI “KHARISMA” DI PASAR KLIWON, SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (575Kb)

    Abstract

    Perusahaan yang ingin memenangkan persaingan atau tetap bertahan dalam pasar hendaknya menggunakan strategi yang baik dan tepat. Penerapan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang merupakan perangkat untuk mencapai sasaran perusahaan adalah salah satu strategi bagus untuk menghadapi pesaing, khususnya pada penerapan elemen produk yang merupakan kunci pokok strategi tersebut. Penerapan isi elemen produk (Product Content) yang perlu diperhatikan adalah keanekaragaman, kualitas, desain, merek, kemasan, ukuran, pelayanan, dan jaminan pengembalian. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara jelas mengenai penerapan elemen produk pada perusahaan roti “KHARISMA”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara interview dan observasi secara langsung sedangkan teknik penganalisaannya menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perusahaan roti “KHARISMA” menerapkan elemen produk secara tepat karena keanekaragaman produk yang mencapai 88 macam pada saat sekarang ini dan ingin dikembangkannya pada masa mendatang. Perhatian terhadap kualitas oleh perusahaan ini diwujudkan melalui cara memproduksi yang baik dan bersih serta rasa yang lezat. Penentuan desain yang kreatif juga menjadi salah satu perhatian perusahaan ini. Penetapan merek yang terbukti berhasil menjadi ciri yang dapat dikenali konsumennya menjadi salah satu kepuasan bagi perusahaan dalam usaha meraih kesuksesan. Penggunaan kemasan maupun ukuran yang tepat mampu memuaskan konsumennya dan menaikan citra perusahaan. Pelayanan serta jaminan pengembalian sudah baik dan diterima konsumen. Melalui cara – cara tersebut perusahaan “KHARISMA” berhasil memikat konsumennya sehingga mampu bertahan dan berkembang hingga sekarang ini. Dengan demikian maka kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan elemen produk pada perusahaan roti “KHARISMA” sudah baik. Oleh sebab itu maka akan lebih baik lagi bila perusahaan tersebut mengembangkan usahanya dan mengatur manajemen secara lebih efisien serta mencatatkannya pada departemen kesehatan RI untuk memperoleh nomor registrasi. Perusahaan hendaknya semakin meningkatkan pelayanan lebih baik lagi sehingga konsumen merasa lebih puas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Ferdintania Wendi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:00
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3302

    Actions (login required)

    View Item