PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 02 Troketon Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016)

WAHYU H., NUR AINI (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 02 Troketon Pedan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (945Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas III SD Negeri 02 Troketon Pedan Klaten tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw dan tipe make a match; 2)Untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas III SD Negeri 02 Troketon Klaten tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw dan tipe make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N 02 Troketon, Klaten dengan subjek penelitian peserta didik kelas III yang berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, analisis kuantitatif dan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keaktifan peserta didik pada saat pratindakan peserta didik tidak ada yang masuk kategori aktif dan sedangkan pada siklus I setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe make a match persentase peserta didik yang masuk dalam kategori aktif sebesar 12% atau sebanyak 3 peserta didik, pada siklus II persentase keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 32% atau sebanyak 9 peserta didik, dan siklus III persentase keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 76% atau sebanyak 19 peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada pratindakan diketahui nilai rata-rata sebesar 57,88 dengan presentase pencapaian KKM sebesar 44% atau sebanyak 11 peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 60,2 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 52% atau sebanyak 13 peserta didik. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 67 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 64% atau sebanyak 16 peserta didik. Pada siklus III nilai rata-rata yang diperoleh 74 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 84% atau sebanyak 21 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas III SD N 2 Troketon Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Keaktifan, hasil belajar, jigsaw, make a match

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Luthfi Syam
    Date Deposited: 02 Apr 2017 16:38
    Last Modified: 02 Apr 2017 16:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33018

    Actions (login required)

    View Item