PENEREAPAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBASIS PERMAINAN (PPbP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI

ISMIASARI, CITRA (2017) PENEREAPAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBASIS PERMAINAN (PPbP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (962Kb)

    Abstract

    The objectives of this study are to (1) developed writing descriptive skill, and (2) explained the development of descriptive writing skill through the implementation of Picture and Picture method by game-based in fifth grade students of SDN Carangan no 22 Surakarta in year 2015/2016. This study is formed as Classroom Action Research (CAR) which is conducted in three cycles consists of four phases; they are planning, action / implementation, observation, and reflection. The subject of study is twenty-two students of fifth grade in SD Negeri Carangan No.22 Surakarta, which is consisted of seven male students and fifteen female students. From the twenty-two students, there are two students with special needs. The data is collected by test, observation, interview, and documentation. The data is analyzed by using interactive analyzing technique consist of three components; data reduction, data presentation, and conclusion. The conclusion of this study are (1) the implementation of picture and picture method game-based can increase the skill of students’ descriptive writing, and (2) the method is not only increasing students’ descriptive writing skill but also increasing students’ activity aspect, especially interest aspect and being active. Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui penerapan metode Picture and Picture berbasis Permainan (PPbP) dan (2) menjelaskan peningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui penerapan metode Picture and Picture berbasis Permainan (PPbP) pada siswa kelas V SDN Carangan No. 22 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Carangan No. 22 Surakarta yang berjumlah 22 peserta didik, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Dari 22 peserta didik tersebut, 2 diantaranya adalah siswa berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) penerapan metode picture and picture berbasis permainan dapat meningkatakan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Carangan No.22 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 (2) metodede picture and picture berbasis permainan tidak hanya dapat meningkatkan setiap aspek keterampilan menulis tetapi juga setiap aspek aktivitas siswa siswa kelas V SDN Carangan No.22 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 khususnya aspek minat dan keaktifan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 02 Apr 2017 00:34
    Last Modified: 02 Apr 2017 00:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33016

    Actions (login required)

    View Item