APLIKASI WEB PERHITUNGAN TARIF TAKSI BERDASARKAN BOK METODE DIREKTORAT JENDRAL PERHUBUNGAN DARAT 2002 (Studi Kasus : Boyolali Taksi)

SATRIYA, BAYU BUDI (2017) APLIKASI WEB PERHITUNGAN TARIF TAKSI BERDASARKAN BOK METODE DIREKTORAT JENDRAL PERHUBUNGAN DARAT 2002 (Studi Kasus : Boyolali Taksi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (268Kb)

    Abstract

    Transportasi telah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia untuk menunjang semua kegiatan, , Boyolali Taksi yang melayani untuk sebagian kawasan di Kabupaten Boyolali dan sekitarnya, dimana nilai tarif taksi sangat di pengaruhi oleh beberapa nilai BOK yang selalu berubah – ubah menyesuaikan dengan kondisi perekonomian Indonesia, maka dibutuhkan sebuah alat hitung tarif yang mudah dan cepat dalam pengoprasiannya untuk penyesuaian dengan nilai BOK yang ada , Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan alat hitung berupa Apliksi berbasis Web Perhitungan tarif berdasarkan BOK menggunakan metode Direktorat Jendral Perhubungan Darat 2002. Data pada penelitian ini adalah data sekunder berupa komponen BOK pada tahun 2013 – 2016, didapat dengan cara mewawancarai langsung pihak Boyolali Taksi dan mencari beberapa nilai data dari pedagang onderdil sesuai rujukan dari pihak Boyolali Taksi. Hasil perhitungan diketahui bahwa besaran tarif Boyolali Taksi dengan kedua cara yang tersedia di dalam aplikasi memiliki perbedaan, Pada tahun 2016 pada saat harga BBM Rp 6.550,- untuk cara pertama, perhitungan memasukan semua komponen BOK di dapat nilai tarif dasar Rp 4.186,- ,tarif awal Rp 5.232,- dan tarf waktu Rp 25.113,- perjam, Sedangkan untuk cara perhitungan yang kedua perhitungan yang dibantu beberapa nilai regresi linier yang memiliki pengaruh positif dengan nilai harga BBM di dapat hasil nilai tarif dasar Rp 4.153,- ,tarif awal Rp 5.191,- dan tarif waktu Rp 24.918,- . Kata Kunci : Aplikasi Web, Tarif , BOK (Biaya Operasioanl Kendaraan)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 01 Apr 2017 07:31
    Last Modified: 01 Apr 2017 07:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33011

    Actions (login required)

    View Item