PERANAN PUSAT KEGIATAN GURU (PKG) DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PADA PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus PERANAN PUSAT KEGIATAN GURU (PKG) SD ENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH (Studi Kasus PKG di Kabupaten Kudus)

Suwarno, (2009) PERANAN PUSAT KEGIATAN GURU (PKG) DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PADA PEMBELAJARAN IPS (Studi Kasus PERANAN PUSAT KEGIATAN GURU (PKG) SD ENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH (Studi Kasus PKG di Kabupaten Kudus). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (376Kb)

    Abstract

    Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang peranan Pusat Kegiatan Guru (PKG) SD dalam peningkatan profesionalisme guru pada pembelajaran IPS sejarah di jajaran Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pendidikan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Selain itu penelitian ini juga diharapkan bisa mendiskripsikan berbagai upaya dalam memanfaatkan Pusat Kegiatan Guru (PKG) SD dalam peningkatan kualitas pembelajaran IPS sejarah di Kabupaten Kudus. Penelitian ini dilakukan di Pusat Kegiatan Guru (PKG) SD Gugus Raden Setro Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pendidikan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus pada Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Adapun strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus terpancang (embedded case study research). Dalam pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan cuplikan sampling (purposive sampling). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui penyebaran angket terbuka, wawancara mendalam, observasi berperan aktif, observasi pasif, serta analisis dokumen dan arsip. Untuk memperoleh kesahihan data (validitas data), selanjutnya dilakukan trianggulasi data. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini menyimpulkan, bahwa Pusat Kegiatan Guru (PKG) SD sangat berperan dalam peningkatan profesionalisme guru pada pembelajaran IPS sejarah pada gugus Raden Setro Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pendidikan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, walaupun masih banyak hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaannya. Sehingga perlu adanya pemecahan persoalan yang ada, agar kegiatan di Pusat Kegiatan Guru (PKG) SD Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pendidikan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus pada tahun yang akan datang bisa berjalan lebih baik. Peranan Pusat Kegiatan Guru (PKG) SD merupakan salah satu sarana yang cukup efektif dalam peningkatkan profesionalisme guru SD pada pembelajaran IPS sejarah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi semua pihak yang terkait dalam upaya peningkatan profesionalisme guru SD dalam pembelajaran sebagai usaha untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa SD di Kabupaten Kudus.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 20:15
    Last Modified: 13 Jul 2013 20:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3301

    Actions (login required)

    View Item