EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS ACE (ACTIVITIES, CLASS DISCUSSION, EXCERCISE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL (SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

RAHMAWATI, YUNIA (2017) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS ACE (ACTIVITIES, CLASS DISCUSSION, EXCERCISE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL (SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1013Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran Siklus ACE atau dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret tak hingga, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang, atau rendah pada materi barisan dan deret tak hingga, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 5 kelas dengan banyaknya 148 siswa. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 64 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara sampling random kluster. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 2 Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai UTS matematika wajib, metode angket untuk data aktivitas belajar matematika siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi barisan dan deret tak hingga. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Siklus ACE memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret tak hingga, (2) siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika lebih baik dari pada siswa dengan aktivitas belajar matematika sedang dan rendah, serta siswa dengan aktivitas belajar matematika sedang memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa aktivitas belajar matematika rendah pada materi barisan dan deret tak hingga, (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar matematika siswa pada materi barisan dan deret tak hingga. Kata kunci : model Siklus ACE, aktivitas belajar matematika, barisan dan deret tak hingga, prestasi belajar. ABSTRACT The research aims to know (1) which learning model of ACE Cycle learning and conventional learning model results better in the students’ achievement in infinite sequences and series, (2) which type of student has better learning achievement, whether students with high mathematics learning activities, medium, or low mathematics learning activities in infinite sequences and series, (3) whether there is an interaction between the learning model and learning activities to learning achievement. The type of this reseach was a quasi-experimental research. The population was all of eleventh grade students in SMA Negeri 2 Surakarta academic year of 2016/2017 with 148 students. Two classes were used as the sample with the total student numbers of 64 students. Sample was chosen through cluster random sampling. The instruments testing was conducted in SMA Negeri 2 Karanganyar. Data were collected by means of documentation for the students’ grade from math tests, testing for determining the students’ mathematics learning activities, and math test for knowing the students’ achievement in infinite sequences and series. Data were analyzed through two-way variance with different cell, then further test after anova was conducted, that was double comparison test using Scheffe method. As required for the analysis, population was distributed normally through Lilliefors test, and the population has the same variance (homogenous) using Bartlett method. From the findings, it can be concluded that (1) learning model of ACE Cycle contributed to better achievement in math than conventional model did, (2) students with high mathematics learning had better achievement than those having medium and low mathematics learning activities, and medium mathematics learning activities had equivalent achievement with those with low mathematics learning activities, (3) There is no interaction between the learning model and learning activities on learning achievement. Keywords : Learning model of ACE Cycle, mathematics learning activities, infinite sequences and series, learning achievement.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 01 Apr 2017 06:54
    Last Modified: 01 Apr 2017 06:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/33004

    Actions (login required)

    View Item