Penerapan metode ceramah dan role playing dalam mengatasi masalah kesulitan menulis hanzi di SD Tripusaka

Saptuningrum , Cahyaningtyas (2010) Penerapan metode ceramah dan role playing dalam mengatasi masalah kesulitan menulis hanzi di SD Tripusaka. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (553Kb)

    Abstract

    Tugas akhir ini ditulis berdasarkan proses magang sebagai guru magang di SD Tripusaka Surakarta. Tugas akhir ini dilakukan karena adanya masalah yang ditemui selama proses belajar mengajar bahasa China. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis huruf China serta siswa mengalami kebosanan dalam belajar dan guru pengampu mata pelajaran bahasa China hanya memberikan materi melalui metode ceramah saja. Oleh karena itu diperlukan metode mengajar yang dapat mengatasi masalah tersebut, antara lain dengan menggunkan metode ceramah dan role playing. Metode ceramah ini adalah pemberian materi secara lisan sedangkan metode role playing adalah pemberian materi kepada siswa dengan menggunakan media permainan. Hasil laporan tugas akhir ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode ceramah dan role playing sangat efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa China. Meskipun kedua metode ini efektif digunakan tetapi masih ada beberapa hambatan yang ditemui selama proses belajar mengajar salah satunya ketiadaannya fasilitas yang menunjang seperti media mengajar selama proses belajar mengajar. Oleh karena itu penulis membawa sendiri media yang digunakan sebagai bahan mengajar. Berdasarkan laporan tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode ceramah dan metode role playing sangat membantu siswa dalam meningkatkan proses pembelajaran bahasa china di SD Tripusaka Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 25 Nov 2010 18:54
    Last Modified: 25 Nov 2010 18:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/330

    Actions (login required)

    View Item