Strategi Relationship Marketing Pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta Sebagai Upaya Mempertahankan Pelanggan

HERVANI, MEGITA IKA (2017) Strategi Relationship Marketing Pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta Sebagai Upaya Mempertahankan Pelanggan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (623Kb)

    Abstract

    ABSTRAK STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA CABANG SURAKARTA SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN PELANGGAN MEGITA IKA HERVANI NIM : F3213034 Relationship marketing merupakan suatu praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pelanggan. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi relationship marketing serta untuk menjelaskan strategi relationship marketing PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta sebagai upaya mempertahankan pelanggan. Metode penelitian ini yang digunakan dalam menyusun tugas akhir ini adalah studi kasus yaitu mengambil suatu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung pada bagianmarketing dan operasional PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta. Data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian baik dari buku dan sumber lain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi relationship marketing dilakukan PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta yaitu dengan mengidentifikasi, mempertahankan dan mengembangkan yang nantinya akan meningkatkan kualitas layanan pelanggan sehingga perusahaan dapat mempertahankan pelanggan dalam waktu yang panjang. Strategi relationship marketing PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta juga diterapkan dalam bentuk kerjasama dengan nasabahnya sehingga akan terjalin hubungan yang langgeng. Saran berdasarkan penelitian ini adalah program – program relationship merketing seperti customer gathering, reward dan event – event yang melibatkan nasabah sebaiknya ditingkatkan dan lebih sering diadakan dan diupayakan untuk ditujukan tidak hanya kepada nasabah tertentu saja, tetapi juga kepada seluruh nasabah dan meningkatkan sarana seperti website khusus untuk nasabah yang ingin memberikan saran dan kritik untuk menunjang hubungan yang baik antara pelanggan. Kata Kunci : Relationship Marketing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 Mar 2017 23:21
    Last Modified: 31 Mar 2017 23:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32997

    Actions (login required)

    View Item