Pengembangan Permainan Edukasi Millionaire Quiz Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Sragen

RAHMAN, M FATHUR (2017) Pengembangan Permainan Edukasi Millionaire Quiz Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Sragen. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (954Kb)

    Abstract

    M. Fathur Rahman. 2017. Pengembangan Permainan Edukasi Millionaire Quiz Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Sragen. TESIS. Pembimbing: Prof. Dr. Trisno Martono, M.M. Kopembimbing: Dr. Djoko Santosa TH, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengembangan permainan edukasi millionaire quiz dengan bantuan software android, 2) Mengetahui keefektifan permainan edukasi millionaire quiz berbasis android sebagai media pembelajaran yang efektif bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Sragen. Penelitian dan pengembangan media ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi. Sasaran penelitian terdiri atas kelas uji coba media pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Sragen, sedangkan sasaran pengembangan media pada SMA Negeri 2 Sragen siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol sedangkan SMA Negeri 3 Sragen siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis deskriptif permainan edukasi millionaire quiz berbasis android memperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 82,29 dengan kriteria sangat baik, ahli media sebesar 83,60 dengan kriteria sangat baik , ahli bahasa sebesar 100 dengan kriteria sangat baik, dan ahli praktisi sebesar 90,62 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba pemakaian didapat hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Sragen saat pretest kelas kontrol dengan rata-rata nilai sebesar 46,63 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 83,28. Pada SMA Negeri 3 Sragen saat pretest kelas kontrol dengan rata-rata nilai sebesar 46,84 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 83,72. Berdasarkan uji efektifitas dengan menggunakan software IMB SPSS 22 dengan rumus t-test nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 berarti H_1 diterima berarti kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa permainan edukasi millionaire quiz berbasis android layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: pengembangan, permainan edukasi millionaire quiz berbasis android, media pembelajaran

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 Mar 2017 23:15
    Last Modified: 31 Mar 2017 23:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32995

    Actions (login required)

    View Item