PENGARUH PENDEKATAN BERLATIH INDIVIDU DAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS SEPAK TAKRAW PADA SISWA PUTRA KELAS VIII MTs N TERAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ARDIYANTO, INDRA (2017) PENGARUH PENDEKATAN BERLATIH INDIVIDU DAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS SEPAK TAKRAW PADA SISWA PUTRA KELAS VIII MTs N TERAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (874Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Indra Ardiyanto. K5612043. PENGARUH PENDEKATAN BERLATIH INDIVIDU DAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS SEPAK TAKRAW PADA SISWA PUTRA KELAS VIII MTS N TERAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pengaruh pendekatan berlatih individu dan kelompok terhadap kemampuan servis dalam permainansepak takraw; (2) pengaruh latihan yang lebih baik antara latihan individu dan kelompok untuk melakukan servis dalam permainan sepak takraw. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Teras Kab.Boyolali dengan jumlah 103 siswa putra yang terdiri dari kelas VIII a, b, c, d, dan e. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah ProportionalRandom Sampling, yakni dengan mengambil 30% dari jumlah populasi yang ada kemudian tiap kelas diambil sebanyak 6 siswa secara acak, kemudian diperoleh sampel yang terpilih sebanyak 30 siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran, alat ukur yang digunakan adalah tes kemampuan servis dari Ratinus Darwis Dt. Penghulu Basa (1992: 120). Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) uji beda hasil antara tes awal dan tes akhir kemampuan servis adalah thitung = 2,160 > ttabel 2.145. (2) uji pengaruh pendekatan berlatih indivu adalah thitung = 3,864>ttabel = 2,145.Dengan persentase peningkatan keterampilan 28,48%. (3) uji pengaruh pendekatan berlatih kelompok adalah thitung = 3,830 > ttabel = 2,145. Dengan persentase peningkatan keterampilan 25,88%. Simpulan penelitian adalah sebagai berikut: (1)ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan berlatih individu dan kelompok terhadap kemampuan servis sepak takraw pada siswa putra kelas VIII MTs N Teras tahun pelajaran 2016/2017. (2)pendekatan berlatih individu lebih baik dan efektif pengaruhnya daripada berlatih kelompok terhadap kemampuan servis sepak takraw pada siswa putra kelas VIII MTs N Teras tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : berlatih individu, berlatih kelompok, kemampuan servis, sepak takraw

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 Mar 2017 23:03
    Last Modified: 31 Mar 2017 23:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32992

    Actions (login required)

    View Item