KONFLIK KEJIWAAN PARA TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL GURU DANE KARYA SALMAN FARIS SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

HILMI, HUBBI SAUFAN (2017) KONFLIK KEJIWAAN PARA TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL GURU DANE KARYA SALMAN FARIS SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (899Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) aspek psikis id para tokoh dalam novel Guru Dane karya Salman Faris; 2) aspek psikis ego para tokoh dalam novel Guru Dane karya Salman Faris; 3) aspek psikis superego dalam novel Guru Dane karya Salman Faris;4) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Guru Danekarya Salman Faris; 5)relevansi novel Guru Dane karya Salman Faris dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakann penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini ialah novel GuruDanekarya Salman Faris. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif dimulai dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis dokumen dan wawancara.Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teori dan sumber. Hasil penelitiandisimpulkan bahwa: 1)aspek psikis id para tokoh dalam novel Guru Dane karya Salman Farisdimunculkan oleh tokoh Guru Dane, Sumar, Made Sudase, Lehok, Putu Sunarie, Ketut Kolang, Ni Kadek Merasih, Sinar dan tokoh Haji Majid, yakni berupa rasa kagum dan bangga, kebutuhan seks, keinginan mendapatkan kebebasan, rasa ingin tahu, kebutuhan makan, rasa rindu, keinginan mendapatkan sesuatu, keinginan menemui tokoh Guru Dane, keinginan bebas dari masalah, dan berupa sayang; 2) aspek psikis ego para tokoh dalam novel Guru Dane karya Salman Faris dimunculkan oleh tokoh-tokoh yang sama dengan aspek psikis id berupa keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan untuk pemenuhan kebutuhan masing-masing para tokohnya; 3)aspek psikis superego para tokoh dalam novel Guru Dane karya Salman Faris dimunculkan oleh tokoh Guru Dane, Sumar, Made Sudase dan Ni Kadek Merasih, berupa perasaan bersalah atau berdosa dan penyesalan; 4) nilai pendidikan yang terdapat dalam novel GuruDanekarya Salman Faris, yakni nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai kerja keras, nilai rasa ingin tahu, nilai cinta tanah air, nilai komunikatif, senang bersahabat atau proaktif, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab; 5) relevansi novel Guru Dane karya Salman Faris dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, yakni dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dan analisisnya dapat digunakan sebagai salah satu cara mengapresiasi sastra. Kata Kunci: NovelGuru Dane, Struktur Kepribadian Sigmund Freud, dan Nilai Pendidikan Karakter.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 31 Mar 2017 15:51
    Last Modified: 31 Mar 2017 15:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/32975

    Actions (login required)

    View Item